PENDAHULUAN
Mesin adalah sebuah komponen utama
dari sebuah kendaraan modern, mesin juga merupakan alat penggerak dari sebuah
alat transportasi modern. Mesin juga merupakan pembeda kendaraan tradisional
dan kendaraan modern. Apabila diibaratkan manusia, mesin merupakan nyawa dari
sebuah transportasi.
1.1
Latar
Belakang
Makalah ini dibuat
karena banyak para pengguna kendaraan bermotor khusunya mobil tidak mengetahui
bagaimana mesin kendaraan yang dimilikinya (Mesin bensin atau mesin diesel)
bekerja dan apa kekurangan serta kelebihan dari kendaraan terutama mesin yang
dimilikinya. Selain itu topik ini juga banyak diketahui oleh orang awam tapi
tidak banyak dimengerti dan difahami.
1.2
Rumusan
Masalah
Ada banyak pertanyaan
yang timbul saat kita mendengar kata “Mesin Bensin dan Mesin Diesel”, dan
didalam makalah ini ada beberapa pertanyaan yang akan di jawab diantaranya :
1.
Apa perbedaan Mesin
Bensin dan Mesin Diesel ?
2.
Kekurangan dan
kelebihan Mesin Bensin dan Mesin Diesel ?
3.
Teknologi terkini yang
dapat diterapkan dalam Mesin Bensin dan Mesin Diesel ?
1.3
Tujuan
Penulis dalam menuliskan
makalah ini memiliki beberapa tujuan diantaranya :
1.
Membantu pemabaca untuk
mengetahui kekurangan dan kelebihan dari Mesin Bensin dan Mesin Diesel
2.
Membantu pembaca untuk
mengetahui bagaimana mesin bensin dan mesin diesel bekerja
3.
Untuk mengetahui teknologi apa yang ada
pada sistem mesin bensin dan sistem mesin diesel
PEMBAHASAN
Mesin merupakan komponen utama dalam sebuah
kendaraan, mesin juga merupakan alat penggerak yang dapat membuat sebuah
kendaraan bergerak dan berjalan. Tetapi dalam bergerak atau beroprasi mesin
memerlukan bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan, tanpa bahan bakar mesin
bukanlah apa-apa dan tidak akan bisa menyala dan menggerakkan kendaraan. Bila
dipandang dari segi bahan bakar, mesin ada beberapa macam diantaranya ada mesin
berbahan bakar bensin, mesin berbahan bakar solar (minyak diesel), mesin
berbahan bakar gas (BBG), mesin berbahan bakar listrik (Electric) bahkan ada
mesin berbahan bakar hidrogen (air).
Namun dalam makalah ini tidak sepenuhnya
membahas semua macam mesin dipandang dari bahan bakar yang digunakan. Melainkan
hanya membahas mesin berbahan bakar bensin (selanjutnya disebut mesin bensin),
mesin berbahan bakar solar (selanjutnya disebut mesin diesel) dan sedikit
mengulas tentang teknologi mesin berbahan bakar hidrogen (air).
2.1
Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel
2.1.1 Mesin bensin
Mesin
bensin merupakan sebuah mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin
atau bahan bakar kimia hidrocarbon yang berasal dari fosil-fosil purba yang
memiliki bilangan oktan sedang (tidak tinggi dan rendah).
menurut liektoyota.com (2012) “Mesin mobil bensin terdiri dari Valve, Plug/Busi, dan Injector”. Valve atau sering kali disebut klep berfungsi untuk mengontrol banyak jumlahnya bahan bakar dan campurannya yang akan masuk ruang pembakaran. Plug/Busi merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber pengapian karena plug/busi saat beroprasi menghasilkan listrik/api, sedangkan injector berfungsi untuk menginjek atau memasukkan bahan bakar yang telah bercampur dengan udara dan dalam bentuk kabut kedalam intake manifold dan selanjutnya akan diteruskan ke ruang pembakaran. Injector juga merupakan pembeda dari mesin bensin dan mesin diesel, sesuai dengan pendapat liektoyota.com (2012) “Ini yang membedakan karakter mesin bensin dengan mesin diesel”, dalam hal ini yang dimaksud “ini” adalah injector tersebut.
menurut liektoyota.com (2012) “Mesin mobil bensin terdiri dari Valve, Plug/Busi, dan Injector”. Valve atau sering kali disebut klep berfungsi untuk mengontrol banyak jumlahnya bahan bakar dan campurannya yang akan masuk ruang pembakaran. Plug/Busi merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber pengapian karena plug/busi saat beroprasi menghasilkan listrik/api, sedangkan injector berfungsi untuk menginjek atau memasukkan bahan bakar yang telah bercampur dengan udara dan dalam bentuk kabut kedalam intake manifold dan selanjutnya akan diteruskan ke ruang pembakaran. Injector juga merupakan pembeda dari mesin bensin dan mesin diesel, sesuai dengan pendapat liektoyota.com (2012) “Ini yang membedakan karakter mesin bensin dengan mesin diesel”, dalam hal ini yang dimaksud “ini” adalah injector tersebut.
2.1.1 Mesin Diesel
Menurut
tdwclub.com (2011) “Mesin diesel adalah
sejenis mesin pembakaran atau sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar
dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi
lain (seperti busi)”. Menurut
Daryanto (2002:2)
“Beberapa komponen dalam
mesin diesel adalah sama dibandingkan dengan mesin bensin” sedangkan menurut
liektoyota.com (2012) “Mesin mobil diesel terdiri dari Swirl Chamber Type
Engine dan Direct Injection Type Engine”. Beberapa komponen pada mesin diesel juga tidak terdapat pada mesin
bensin.
Swirl chamber type engine adalah tipe
mesin diesel yang cara pemasukan bahan bakarnya secara cepat dan terurai oleh
perputaran udara yang sangat kuat yang terjadi pada ruang bakar dan menimbulkan
pengapian yang sangat singkat. Sedangkan direct injection type engine adalah
salah satu tipe mesin diesel yang cara pemasukan bahan bakarnya dengan
menyemprotkannya didalam nozzle ke dalam ruang bakar secara langsung.
2.2 Kekurangan dan kelebihan mesin bensin dan
mesin diesel
Setiap hal didunai ini pastilah
memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan hal yang lain, tak
terkecuali sebuah mesin bensin dan mesin diesel. Bila dibandingkan maka
keduanya pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.
2.2.1 Kekurangan dan kelebihan mesin
bensin
Mesin bensin memiliki beberapa
kekurangan dan kelebihan yang dapat menutupi kekurangan tersebut.
2.2.1.1 Kekurangan mesin bensin :
2.2.1.1 Kekurangan mesin bensin :
1.
Tenaga atau
torsi yang dihasilkan kurang besar.
2.
Kompresi pada
mesin saat dinyalakan kurang begitu besar.
3.
Banyaknya
komponen listrik pada mesin bensin dapat menyebabkan konsleting saat terkena
air atau bahkan banjir.
4.
Bahan
bakar bensin yang mudah terbakar sangat membahayakan apabila terjadi kebocoran
selang bensin atau yang lainnya.
5.
Pada
jenis-jenis kendaraan tertentu membutuhkan bahan bakar bensin yang mempunyai
bilangan oktan tinggi (92), apabila digunakan pada bahan bakar bensin yang
bilangan oktannya rendah maka akan bedampak pada performa mesin.
6.
Kadar
gas beracun yang terdapat pada hasil pembakaran mesin bensin lebih berbahaya
daripada mesin diesel.
2.2.1.2
Kelebihan mesin bensin :
1. Akselerasi mesin lebih cepat dan responsif.
2. Suara dan getaran mesin lebih halus.
3.
Spesifikasi mesin yang mudah dimengerti dan difahami.
4. Biaya
perawatan apabila terjadi kerusakan terbilang murah dibandingkan mesin diesel.
2.2.2 Mesin diesel
Tidak hanya mesin bensin, mesin
diesel juga mempunyai kekurangan dan kelebihan seperti mesin bensin.
2.2.2.1
Kekurangan mesin diesel :
1. Polusi udara atau emisi gas buang yang dihasilkan mesin tinggi namun tidak terlalu berbahaya seperti gas buang
pada mesin bensin.
2. Biaya perawatan apabila terjadi kerusakan terbilang mahal.
3. Bila dibandingkan dengan mesin bensin, mesin diesel 2kali lebih besar
namun performa lemot.
4. Akselerasi yang dihasilkan oleh mesin diesel kurang responsif.
5. mesin diesel saat beroprasi menghasilkan suara dan getaran yang
berisik.
2.2.2.2
Kelebihan mesin diesel :
1. Efisiensi bahan bakar lebih irit dibandingkan mesin bensin.
2. Kompresi yang dihasilkan besar.
3. Lebih tahan terhadap air dan banjir karena komponennya minim
elektronik.
4. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel lebih besar dibandingkan
mesin bensin.
5. Dengan
tenaga yang besar maka mesin diesel lebih cocok untuk segala medan jalan.
2.3 Teknologi yang terdapat pada mesin bensin
dan mesin diesel
1.
Injection (injeksi)
Menurut id.wikipedia.org (2012) “Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam
mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan
bakar dengan
udara sebelum dibakar”.
Teknologi
injeksi lebih efisien dan bertenaga besar dibandingkan dengan teknologi
karburator. Dikarenakan teknologi injeksi dapat mencampurkan bahan bakar dan
zat pencampuran lainnya secara proporsional dan merata.
Mengacu pada pendapat id.wikipedia.org (2012) “ Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang
diperlukan” maka, tingkat efisiensi bahan bakar yang masuk pada ruang
pembakaran dapat teratur dan seimbang, emisi gas buang yang dikeluarkan dapat
lebih sedikit serta tenaga yang dihasilkan oleh mesin injection ini lebih
besar.
Semua teknologi yang diterapkan pada mesin
pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan, tak terkecuali teknologi injection
ini. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan teknologi injection :
Kekurangan
teknologi injection :
1.
Karena tergolong teknologi baru, maka tidak semua bengkel dapat
memperbaikinya dan jumlah mekanik yang dapat menservisnyapun jumlahnya
terbatas.
2.
Banyak komponen dari teknologi ini yang menggunakan listrik
(elektronik), maka komponen tersebut sangatlah sensitif terhadap listrik.
3.
Semua komponen pada mesin injection dikontrol oleh engine control module
yaitu sebuah modul yang mengontrol semua aktivitas mesin. Engine control modul
ini sensitif sekali terhadap guncangan yang dapat menyebabkan mati atau bahkan
kerusakan.
Kelebihan teknologi injection :
1.
Gas buang yang dihasilkan efisien, hal tersebut dapat lebih efisien lagi
bila dibarengi dengan exaust (knalpot) yang ber-catalic converter.
2.
Bahan bakar yang lebih hemat karena pada teknologi injeksi ini semua
aktivitas pemasukan udara dan bahan bakar pada engine dan perbandingannya
dikontrol oleh suatu alat yang saling terhubung sehingga paduan antara bahan
bakar dan udara bisa pas sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut sangatlah
berbeda dengan teknologi karburator.
3.
Karena teknologi injection ini segalanya diatur oleh modul maka pada
saat servis yang perlu dilakukan hanyalah pembersihan pada filter udara,
pembersihan busi dan pengatur valve atau klep serta pembersihan pada throttle
body dan injector.
2. Common Rail Injection
(Injeksi Rel Bersama)
Salah satu teknologi
yang dapat diterapkan pada mesin diesel adalah injeksi rel bersama atau yang
disebut dengan Common Rail Injection. Hampir sama dengan teknologi injection
pada mesin bensin, common rail ini juga menggunakan sebuah Engine Control
Module (ECM) untuk mengatur segala aktifitas yang terjadi pada mesin.
Menurut id.wikipedia.org (2012) “common-rail injection
adalah salah satu metode injeksi bahan bakar
ke dalam ruang bakar dengan sistem
penghasil tekanan
ditempatkan terpisah dari injektor
itu sendiri”. Sedangkan menurut otoqita.blogspot.com
(2012) “Mesin mobil dengan system injeksi bahan bakar solar yang menggunakan
sistem injeksi Common Rail dimana bahan bakar solar pada mobil diesel ini
dikontrol secara elektrikal”.
Sama halnya dengan injection pada mesin bensin, common
rail injection juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah
kekurangan dan kelebihan common rail injection yang diterapkan pada mesin
diesel :
Kelebihan Common Rail injection :
1.
Penggunaan bahan
bakar pada mesin lebih efisien dan irit.
2. Emisi gas buang yang dihasilkan lebih efisien.
3. Pembakaran yang optimal pada semua rentang beban.
4.
Tenaga yang
dihasilkan sama namun bahan bakar yang digunakan lebih sedikit.
Kekurangan Common Rail Injection :
1.
Karena terdapat
banyak sensor-sensor elektrik maka mesin tidak akan tahan air dan akan mudah
terjadi konsleting saat terkena air..
2. Bahan material mesin harus kuat dan bagus untuk
menahan tekanan yang besar.
3. Tekanan kerja pada mesin sangat tinggi sehingga
apabila terjadi kebocoran atau ketidak tepatan pemasangan maka akan menimbulkan
ledakan besar yang berbahaya.
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Mesin merupakan penggerak dari alat
transportasi, tanpa mesin alat transportasi tersebut menjadi alat transportasi
tradisional. Mesin sendiri dapat bergerak apabila ada suatu bahan bakar yang menyebabkan
mesin itu bergerak.Bahan bakar dalam mesin ada berbagai macam bahan bakar yang
dipergunakan salah satunya adalah minyak bumi atau minyak. Dalam bahan bakar
minyak, ada 2 macam yang diterapkan dalam mobil yaitu bensin dan solar. Mesin
yang menggunakan bahan bakar bensin disebut dengan mesin bensin dan mesin yang
berbahan bakar solar disebut mesin diesel. Mesin bensin lebih memiliki
akselesari dan kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan mesin diesel namun
dalam hal ketahanan dan efisiensi bahan bakar mesin bensin kurang kuat dan
lebih boros. Mesin diesel lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar namun dalam
responsifitas kecepatan mesin diesel kurang, hal tersebut berlawanan dengan
mesin bensin. Jadi, bila ingin memiliki mesin yang memliki performa dan
kecepatan yang bagus sebaiknya menggunakan mesin bensin, namun jika ingin
melakukan pengiritan bahan bakar dan ketahanan mesin yang bagus maka pilihlah
mesin diesel.
3.2 Saran
Tiada hal yang ada di dunia ini yang sempurna, kesempurnaan hanyalah
milik Allah SWT. Termasuk makalah ini, pastilah ada kesalahan atau kekurangan.
Demi tertujunya makalah ini yang mendekati kesempurnaan penulis memerlukan
kritik dan saran yang membangun yang bersifat positif yang bertujuan untuk
memperbaiki makalah ini kedepannya. Apabila penulis ingin membuat makalah lagi
maka dapat menggunakan kritik dan saran yang dibuat oleh pembaca untuk
mengurangi kesalahan dan kekurangan dalam membuat makalah.
DAFTAR RUJUKAN
Toyota Liek.Mesin Mobil
Bensin atau Diesel, Pilih Mana ?,(online), (http://www.liektoyota.com/2012/03/mesin-mobil-bensin-atau-diesel-pilih-mana/),
diakses
pada 05 Oktober 2012
Daryanto,
2002.Pengetahuan Komponen Mobil,Jakarta:Bumi
Aksara
makasih gan http://mapelotomotif
BalasHapusblogspot.com
makasih gan http://mapelotomotif.blogspot.com
BalasHapus