Mesin diesel merupakan sebuah mesin pembakaran
dalam yang menggunakan sebuah piston untuk mengkorversi energi yang timbul dari
pembakaran bahan bakar solar yang di injeksikan kedalam ruang bakar. Menurut
Judiyuk (2009) pada forum kompas.com pengertian mesin diesel adalah sebagai
berikut “Mesin diesel adalah sejenis
mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi,
dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan
oleh alat berenergi lain (seperti busi)”.
Mesin diesel disebut juga dengan Compression
Ignition Engine karena pembakaran atau penyalaan pada mesin diesel tidak
menggunakan sebuah busi melainkan menggunakan kompresi pada silinder itu
sendiri. Berbeda sekali dengan mesin bensin yang menggunakan busi sebagai
pembakaran atau penyalaan.
9. Mesin Bandel
1. Keuntungan Mesin Diesel
Mesin diesel memiliki banyak sekali
keuntungan-keuntungan dibandingkan mesin bensin. Adapun beberapa keuntungan
dari mesin diesel bila di tinjau dari :
1. Konsumsi Bahan Bakar
Mesin diesel dalam mengkonsumsi
bahan bakar sangatlah irit dan efisien dibandingkan dengan mesin bensin. Dengan
kapasitas mesin yang lebih besar (diatas 2000cc) konsumsi bahan bakar pada
mesin diesel jauh lebih irit di bandingkan dengan mesin bensin.
Tingkat konsumsi bahan bakar yang
irit dipengaruhi oleh kerja mesin diesel itu sendiri, kenapa bisa demikian ??
Karena pada mesin diesel yang
dihisap masuk kedalam silinder motor hanyalah udara murni (tanpa campuran bahan
bakar seperti layaknya pada mesin bensin), dan yang terkompresi di dlaam
silinder mesin oleh pistorn adalah udara murni juga. Bahan bakar akan di
semprotkan ke dalam silinder secara langsung oleh nozzle beberapa derajat
sesaat sebelum piston sampai pada TMA (Titik Mati Atas).
Menurut Amazine.co (2013) “Dalam hal keekonomisan bahan
bakar, mesin diesel berada di atas mesin bensin. Mesin diesel umumnya memberikan 25 hingga 30 persen
jarak tempuh bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin.”
Bahkan
baru-baru ini sebuah produsen mobil terkoemuka berhasil membuat mobil dengan
mesin diesel yang mengkonsumsi bahan bakar teririt. Sesuai dengan kutipan pada
Azwardi (2010) “Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan
konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel
bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat
berat dan kapal”.
Tabel 1. Konsumsi Bahan Bakar
Efisiensi konsumsi bahan
bakar diesel bisa mencapai 25% sampai 30% dari jarak tempuh kendaraan.
2. Perawatan Mesin
Perawatan berkala pada
mesin diesel jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mesin bensin. Seperti
contoh pada mesin diesel perawatan berkala (pada saat service) yang perlu
diperiksa adalah filter bahan bakar, filter oli dan radiator. Sedangkan pada
mesin bensin pada saat perawatan berkala (service rutin) yang perlu di cek
adalah sistem bahan bakar (karburator), busi, kelistrikan, filter bahan bakar,
filter oli dan lain sebagainya.
Oleh karena pada mesin diesel yang perlu di cek atau di ganti lebih sedikit
maka biaya untuk perawatan atau service berkala pada diesel jauh lebih murah
dan tidak rumit. Hal tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan saat para pengguna
mesin diesel merawat kendaraannya.
Yang menjadi dalah satu dasar dikatakan perawatan diesel lebih murah
adalah pendapat dari Amazine.co (2013) “Mesin diesel tidak memerlukan busi. Oleh karena itu meniadakan perawatan
dan penggantian bagian pengapian”.
3. Tenaga Yang Dikeluarkan
Sejak dari dulu mesin diesel dikenal dengan mesin yang memiliki tenaga yang
besar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya mesin diesel yang dipakai dalam
kendraan-kendaraan fungsi beban layaknya truk dan bus. Serta banyak pula mesin
diesel yang dipergunakan dalam mesin kapal laut dan mesin untuk penggerak pembangkit
listrik (PLTD).
Menurut ACC (2010) “Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan
berguna untuk pengendaraan di jalan off road. Bahkan kebutuhan torsi menjadi
penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik
kendaraan yang terjebak di jalur non aspal”.
Semakin besar tekanan pada langkah kompresi mesin
diesel maka akan semakin bagus pula pengkabutan bahan bakar pada mesin dieel.
Imbasnya adalah tenaga yang dihasilkan pada mesin akan jauh lebih besar.
Sebagai contoh, perbandingan tenaga pada mobil
Chevrolet Captiva bermesin diesel dan bermesin bensin bisa dilihat pada tabel
di bawah ini.
Tabel 2. Perbandingan Mesin Bensin dan Diesel
1. 4. Harga Bahan
Bakar
Harga bahan bakar solar di Indonesia untuk sekelas dengan bahan bakar
bersubsidi jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar bensin yang di jual
di SPBU di Indonesia pada umumnya. Dengan kualitas yang sama dengan bensin
premium, harga biosolar di Indonesia masih terlampau murah.
Pada solar berkualitas tinggi, harganya juga tidak terlalu mahal seperti
pada Pertadex (Pertamina Dex), Shell Diesel (V Power), Total Performance Diesel
dan Petronas Diesel.
Sebagai
perbandingan bisa dilihat pada tabel dibawah ini
Tabel 3. Harga Bahan Bakar di Indonesia
4. Efisensi Bahan
Bakar
Solar atau minya diesel merupakan bahan bakar utama pada mesin diesel.
Menurut Amazine.co (2013) “Bahan bakar diesel
adalah salah satu bahan bakar paling efisien saat ini. Efisiensi mesin diesel
lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin sehingga pada gilirannya mampu
menghemat bahan bakar lebih baik”.
Salah
satu alasan kenapa bahan bakar diesel dikatakan bahan bakar yang efisien adalah
karena solar tidak mudah menguap pada suhu ruangan, berbeda dengan bensin yang
apabila di biarkan pada suhu ruangan akan mudah sekali menguap dan habis begitu
saja. Bahan bakar diesel tidak seperti itu. Selain itu, solar juga tidak mudah
terbakar, apabila solar disulut dengan api maka tidak langsung terbakar bergitu
saja. Berbeda dengan itu, bensin apabila tersulut api maka akan terbakar secara
spontan. Hal tersebut dikarenakan solar akan terbakar pada suhu yang tinggi (-+
1000 derajat).
Gambar 1. Solar atau Minyak Diesel
6. Kelistrikan
Mesin
diesel memiliki sistem kelistrikan yang lebih minim dibandingkan dengan mesin
bensin yang memiliki banyak sekali kelistrikan. Pada mesin diesel kelistrikan
hanya ada pada sistem starter, busi pemanas, dan sistem pengisian. Hal tersebut
sangatlah berbeda dengan mesin bensin yang memiliki sistem kelistrikan yang
rentan terhadap konsleting. Pada mesin diesel konvensional
pengaturan-pengaturan seperti pada nozzle atau pompa bahan bakar diatur secara
mekanis tanpa menggunakan sistem kelistrikan.
Gambar 2. Sistem Starter pada Mesin Diesel
Namun, pada mesin-mesin diesel modern terutama pada mesin diesel jenis
CR (Common Rail) sistem kelistrikan mendominasi segalanya. Hampir mirip pada
mesin bensin bersistem EFI (Electronic Fuel Injection).
7. Mesin Tahan Air
Berkaitan dengan hal pada topik diatas, mesin diesel yang minim terhadap
kelistrikan, maka mesin diesel lebih tahan terhadap air. Berbeda dengan mesin
bensin yang sensitif terhadap air karena banyaknya sistem kelistrikan. Meskipun
pada mesin diesel jenis CR sangat banyak dalam kelistrikan namun tetap saja
mesin diesel tahan terhadap air. Kenapa bisa begitu ???
Karena
mesin diesel berukuran lebih besar dibanding mesin bensin dan konstruksi pada
mesin diesel lebih kuat maka mesin diesel mengeluarkan tenaga yang cukup besar
imbasnya adalah mobil yang bermesin diesel bisa berjalan di segala macam medan
termasuk medan jalan berair atau medan jalan banjir.
Gambar 3. Mesin Bensin (atas) vs Mesin Diesel (bawah)
8. Teknologi
Pada mesin diesel konvensional, sudah menggunakan sistem injeksi langsung
pada dalam silinder. Berbeda dengan mesin bensin konvensional yang masih
menggunakan karburator yang mencampurkan antara bahan bakar dan udara pada
intake manifold yang memakan bahan bakar yang lebih banyak. Karena mesin diesel
sudah menggunakan injeksi pada sistem konvensionalnya maka bahan bakar yang
dipergunakan pada mesin jauh lebih irit dibandingkan pada mesin bensin.
Gambar 4. Mesin Diesel Twin Turbocharger
Pada
mesin diesel masa kini, mesin diesel yang menggunakan sistem Common Rail banyak
dipasang alat penambah kecepatan mesin yaitu turbocharger. Untuk menambah respon
pada mesin diesel yang terkenal kurang responsif alias lemot.
9. Mesin Bandel
Karena konstruksi dari mesin diesel lebih kuat
dibandingkan dengan mesin bensin, maka kekuatan bahan dari mesin diesel itu
sendiri lebih kuat. Apabila sebuah mesin disel di rawat secara rutin dan
berkala serta pada penggunaan normal maka umur mesin diesel akan jauh lebih
panjang dibandingkan dengan mesin bensin.
Sebelum melakukan perbaikan besar atau overhaul,
mesin diesel akan tahan lama di bandingkan mesin bensin.
Mengutip dari informasi pada amazine.co (2013) bahwa mesin diesel bisa berumur sangat
panjang pada operasional yang lama yaitu “Mercedes-Benz memegang rekor umur terpanjang ketahanan mesin diesel yang
bisa beroperasi hingga hampir 1,5 juta km”
Gambar 5. Truck Mercedes-Benz 911 Dengan Mesin Diesel
2. Kerugian Mesin Diesel
Jika sebuah mesin memiliki keuntungan maka
pastilah mesin tersebut juga memiliki kerugian, tanpa terkecuali mesin diesel.
Berikut ada beberapa kerugian pada mesin diesel yaitu :
1. Harga
Karena konstruksi
mesin yang kuat, secara otomatis bahan penyusun dari mesin terebut haruslah
kuat. Dan secara otomatis pula harga dari mobil bermesin diesel akan lebih
mahal dibandingkan dengan mobil bermesin diesel.
Selai itu karena ukurannya
yang cukup besar maka harganyapn juga ikut naik.
Berikut ada perbandingan antara mobil bermesin bensin dengan mobil
bermesin diesel pada merk dan tipe yang sama yaitu Chevrolet Spin.
Gambar 6. Perbandingan Harga Mobil Bermesin Bensin dan Diesel
2. Gas Buang
Gas buang pada mesin diesel lebih pekat dan berwarna hitam dibandingkan
dengan gas buang pada mesin bensin. Hal tersebut dikarenakan pada bahan bakar
diesel yaitu solar mengandung pelumas yang membuat saat solar tersebut terbakar
secara spontan akan menimbulkan asap hitam.
Alih-alih dengan memilih efisiensi bahan bakar yang
bagus, solar justru disebut dengan bahan bakar yang tidak bagus dalam gas
buangnya. Namun, bila diteliti justru gas buang pada mesin diesel lebih baik
dibandingkan dengan gas buang pada mesin bensin. Itu karena kandungan Karbon
Monoksida (CO) pada gas buang mesin diesel lebih sedikit dibandingkan dengan
gas buang pada mesin bensin.
Gambar 7. Gas Buang Mesin Diesel
3. Getaran
Karena kompresi yang dilakukan di dalam mesin
diesel sangat besar, imbasnya adalah pada getaran mesin saat mesin tersebut
beroprasi sangat besar. Efeknya adalah kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil
bermesin diesel berkurang.
Selain itu, efek dari dihasilkannya tenaga yang besar
pada mesin diesel. Getaran yang besar juga turut dihasilkan pada mesin diesel.
Gambar 8. Getaran Mesin Diesel
4. Bahan Bakar Langka
Kebanyakan dari SPBU yang ada di Indonesia menjual
bahan bakar untuk mesin bensin yaitu Premium dan Pertamax. Belum semua SPBU
menjual bahan bakar diesel yaitu solar. Masih sebagian SPBU saja yang menjual
solar. Hal tersebut bisa dikarenakan banyaknya pengguna mesin bensin
dibandingkan dengan mesin diesel.
Selain itu untuk solar dengan kualitas yang bagus
seperti pada pertamina dex masih terbatas jumlahnya. Tidak semua SPBU menjual
pertamina dex padahal mesin-mesin diesel berjenis Common Rail harus menggunakan
bahan bakar solar yang berkualitas tinggi seperti pertamina dex dan lain
sebagainya.
5. Ukuran Mesin
Karena
konstruksi yang besar maka apabila dibandingkan dengan mesin bensin pada
kapasitas silinder yang sama, mesin diesel akan jauh lebih besar dibandingkan
mesin bensin. Ukuran mesin diesel bisa duakali lebih besar dari mesin bensin.
Kompresi dan tenaga yang dihasilkan juga turun menyebabkan dibuatnya mesin
diesel yang berukuran lebih besar pada kapasitas silinder yang sama dengan
mesin bensin.
siip penjelasannya gan, semoga bisa jadi acuan buat yang lain. salam bengkel service diesel
BalasHapussiip, terima kasih sudah berkunjung gan :)
BalasHapuswah lengkap sekali mas artikelnya, salam. :D
BalasHapussalam juga agan :D
BalasHapusbagus artikel kunjungi juga https://bacaartikellengkapp.wordpress.com
BalasHapusbila ingin mencari mesin bubut http://www.agenmesinbubut.com/
Komplit.. mas aku punya isuzu panther
BalasHapusMasalah kadar sulfur bisa akali dengan menambahkan primo nitro diesel additive yang dicampurkan dalam solar. Bisa membersihkan nozzle dan menambah nilai cetane.
BalasHapusTokopedia/penghematbbmcair
Terimakasih atas penjelasannya...
BalasHapusberarti mesin diesel masih lebih unggul yah...
tetapi teknologi diesel nya Santafe sudah lebih halus dari yg lain...
semoga harga diesel bisa lebih murah lagi...
Lacak akar tentang mesin pom mini sebagai ilmu untuk anda.
BalasHapusDituliskan di bagian kelebihan, Sebelum melakukan perbaikan besar atau overhaul, mesin diesel akan tahan lama di bandingkan mesin bensin.
BalasHapusApakah setelah dilakukan overhaul, mesin diesel akan berkurang daya tahannya?
terkadang efek samping dari overhoule (terutama overhoule yang tidak sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan) malah akan membuat mesin disel menjadi bermasalah dan mengalami penurunan daya, begitu juga sebaliknya
BalasHapuspenjelasan yang sangat detail dan bisa di mengerti gan.
BalasHapusklau saya pribadi jelas diesel.
nitip nih gan makasih sebelume ya
bagi anda yang ingin website design service kunjungi website kami. kami juga melayani berbagai pilihan silahkan kunjungi kami tanya2 jga gk apa2 tentang website ataupun aplikasi
website maintenance
website design service
website development service
website programming
terima kasih
Artikel yang luar biasa, membuat saya bahagia, karena barusan April kemarin nebus All new pajero sport 2016. membuat saya semakin PD dan mantap atas pilihan saya.
BalasHapusterima kasih
sama-sama...
BalasHapustetap selalu pergunakan bahan bakar yang baik untuk teknologi disel DID pada Mitsubishi Pajero Disel
Seperti Solar Dex (PertaDex), Diesel V Power Shell dan sebagainya
Trimakasih gan buat ilmunya yang bermanfaat. (Y)
BalasHapusTrimakasih gan buat ilmunya yang bermanfaat. (Y)
BalasHapusPropokasi...jlashargax lebih mahal jauh ya iya...namax haraga mahal ya hrus lbij bagus
BalasHapusPropokasi...jlashargax lebih mahal jauh ya iya...namax haraga mahal ya hrus lbij bagus
BalasHapusMantap ilmunya, bermanfaat buat yg awam. Tank's.
BalasHapusReferensi banget buat mobil pajero saya, awalnya saya tidak paham banget membedakan tipe dan keunggulan masing masing bahan bakar ini, terimakasih atas penjelasannya
BalasHapusPommini