Langsung ke konten utama

Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel Dibandingkan Dengan Mesin Bensin

          Mesin diesel merupakan sebuah mesin pembakaran dalam yang menggunakan sebuah piston untuk mengkorversi energi yang timbul dari pembakaran bahan bakar solar yang di injeksikan kedalam ruang bakar. Menurut Judiyuk (2009) pada forum kompas.com pengertian mesin diesel adalah sebagai berikut “Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi)”. Mesin diesel disebut juga dengan Compression Ignition Engine karena pembakaran atau penyalaan pada mesin diesel tidak menggunakan sebuah busi melainkan menggunakan kompresi pada silinder itu sendiri. Berbeda sekali dengan mesin bensin yang menggunakan busi sebagai pembakaran atau penyalaan.


1. Keuntungan Mesin Diesel



      Mesin diesel memiliki banyak sekali keuntungan-keuntungan dibandingkan mesin bensin. Adapun beberapa keuntungan dari mesin diesel bila di tinjau dari :

1. Konsumsi Bahan Bakar

Mesin diesel dalam mengkonsumsi bahan bakar sangatlah irit dan efisien dibandingkan dengan mesin bensin. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar (diatas 2000cc) konsumsi bahan bakar pada mesin diesel jauh lebih irit di bandingkan dengan mesin bensin.
Tingkat konsumsi bahan bakar yang irit dipengaruhi oleh kerja mesin diesel itu sendiri, kenapa bisa demikian ??
Karena pada mesin diesel yang dihisap masuk kedalam silinder motor hanyalah udara murni (tanpa campuran bahan bakar seperti layaknya pada mesin bensin), dan yang terkompresi di dlaam silinder mesin oleh pistorn adalah udara murni juga. Bahan bakar akan di semprotkan ke dalam silinder secara langsung oleh nozzle beberapa derajat sesaat sebelum piston sampai pada TMA (Titik Mati Atas).
Menurut Amazine.co (2013) “Dalam hal keekonomisan bahan bakar, mesin diesel berada di atas mesin bensin. Mesin diesel umumnya memberikan 25 hingga 30 persen jarak tempuh bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin.
      Bahkan baru-baru ini sebuah produsen mobil terkoemuka berhasil membuat mobil dengan mesin diesel yang mengkonsumsi bahan bakar teririt. Sesuai dengan kutipan pada Azwardi (2010) “Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal”.

Tabel 1. Konsumsi Bahan Bakar

Efisiensi konsumsi bahan bakar diesel bisa mencapai 25% sampai 30% dari jarak tempuh kendaraan.

2. Perawatan Mesin

      Perawatan berkala pada mesin diesel jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mesin bensin. Seperti contoh pada mesin diesel perawatan berkala (pada saat service) yang perlu diperiksa adalah filter bahan bakar, filter oli dan radiator. Sedangkan pada mesin bensin pada saat perawatan berkala (service rutin) yang perlu di cek adalah sistem bahan bakar (karburator), busi, kelistrikan, filter bahan bakar, filter oli dan lain sebagainya.
Oleh karena pada mesin diesel yang perlu di cek atau di ganti lebih sedikit maka biaya untuk perawatan atau service berkala pada diesel jauh lebih murah dan tidak rumit. Hal tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan saat para pengguna mesin diesel merawat kendaraannya.
     Yang menjadi dalah satu dasar dikatakan perawatan diesel lebih murah adalah pendapat dari Amazine.co (2013) “Mesin diesel tidak memerlukan busi. Oleh karena itu meniadakan perawatan dan penggantian bagian pengapian”.

3. Tenaga Yang Dikeluarkan

Sejak dari dulu mesin diesel dikenal dengan mesin yang memiliki tenaga yang besar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya mesin diesel yang dipakai dalam kendraan-kendaraan fungsi beban layaknya truk dan bus. Serta banyak pula mesin diesel yang dipergunakan dalam mesin kapal laut dan mesin untuk penggerak pembangkit listrik (PLTD).
Menurut ACC (2010) Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendaraan di jalan off road. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di jalur non aspal”.
Semakin besar tekanan pada langkah kompresi mesin diesel maka akan semakin bagus pula pengkabutan bahan bakar pada mesin dieel. Imbasnya adalah tenaga yang dihasilkan pada mesin akan jauh lebih besar.
     Sebagai contoh, perbandingan tenaga pada mobil Chevrolet Captiva bermesin diesel dan bermesin bensin bisa dilihat pada tabel di bawah ini.


Tabel 2. Perbandingan Mesin Bensin dan Diesel

1.       4.  Harga Bahan Bakar

       Harga bahan bakar solar di Indonesia untuk sekelas dengan bahan bakar bersubsidi jauh lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar bensin yang di jual di SPBU di Indonesia pada umumnya. Dengan kualitas yang sama dengan bensin premium, harga biosolar di Indonesia masih terlampau murah.
       Pada solar berkualitas tinggi, harganya juga tidak terlalu mahal seperti pada Pertadex (Pertamina Dex), Shell Diesel (V Power), Total Performance Diesel dan Petronas Diesel.

Sebagai perbandingan bisa dilihat pada tabel dibawah ini


Tabel 3. Harga Bahan Bakar di Indonesia

4. Efisensi Bahan Bakar

     Solar atau minya diesel merupakan bahan bakar utama pada mesin diesel. Menurut Amazine.co (2013) “Bahan bakar diesel adalah salah satu bahan bakar paling efisien saat ini. Efisiensi mesin diesel lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin sehingga pada gilirannya mampu menghemat bahan bakar lebih baik”.
     Salah satu alasan kenapa bahan bakar diesel dikatakan bahan bakar yang efisien adalah karena solar tidak mudah menguap pada suhu ruangan, berbeda dengan bensin yang apabila di biarkan pada suhu ruangan akan mudah sekali menguap dan habis begitu saja. Bahan bakar diesel tidak seperti itu. Selain itu, solar juga tidak mudah terbakar, apabila solar disulut dengan api maka tidak langsung terbakar bergitu saja. Berbeda dengan itu, bensin apabila tersulut api maka akan terbakar secara spontan. Hal tersebut dikarenakan solar akan terbakar pada suhu yang tinggi (-+ 1000 derajat).


Gambar 1. Solar atau Minyak Diesel

6.      Kelistrikan
       Mesin diesel memiliki sistem kelistrikan yang lebih minim dibandingkan dengan mesin bensin yang memiliki banyak sekali kelistrikan. Pada mesin diesel kelistrikan hanya ada pada sistem starter, busi pemanas, dan sistem pengisian. Hal tersebut sangatlah berbeda dengan mesin bensin yang memiliki sistem kelistrikan yang rentan terhadap konsleting. Pada mesin diesel konvensional pengaturan-pengaturan seperti pada nozzle atau pompa bahan bakar diatur secara mekanis tanpa menggunakan sistem kelistrikan.

Gambar 2. Sistem Starter pada Mesin Diesel

        Namun, pada mesin-mesin diesel modern terutama pada mesin diesel jenis CR (Common Rail) sistem kelistrikan mendominasi segalanya. Hampir mirip pada mesin bensin bersistem EFI (Electronic Fuel Injection).

7. Mesin Tahan Air

Berkaitan dengan hal pada topik diatas, mesin diesel yang minim terhadap kelistrikan, maka mesin diesel lebih tahan terhadap air. Berbeda dengan mesin bensin yang sensitif terhadap air karena banyaknya sistem kelistrikan. Meskipun pada mesin diesel jenis CR sangat banyak dalam kelistrikan namun tetap saja mesin diesel tahan terhadap air. Kenapa bisa begitu ???
      Karena mesin diesel berukuran lebih besar dibanding mesin bensin dan konstruksi pada mesin diesel lebih kuat maka mesin diesel mengeluarkan tenaga yang cukup besar imbasnya adalah mobil yang bermesin diesel bisa berjalan di segala macam medan termasuk medan jalan berair atau medan jalan banjir.


Gambar 3. Mesin Bensin (atas) vs Mesin Diesel (bawah)


8. Teknologi

Pada mesin diesel konvensional, sudah menggunakan sistem injeksi langsung pada dalam silinder. Berbeda dengan mesin bensin konvensional yang masih menggunakan karburator yang mencampurkan antara bahan bakar dan udara pada intake manifold yang memakan bahan bakar yang lebih banyak. Karena mesin diesel sudah menggunakan injeksi pada sistem konvensionalnya maka bahan bakar yang dipergunakan pada mesin jauh lebih irit dibandingkan pada mesin bensin.

Gambar 4. Mesin Diesel Twin Turbocharger

Pada mesin diesel masa kini, mesin diesel yang menggunakan sistem Common Rail banyak dipasang alat penambah kecepatan mesin yaitu turbocharger. Untuk menambah respon pada mesin diesel yang terkenal kurang responsif alias lemot.

9. Mesin Bandel



Karena konstruksi dari mesin diesel lebih kuat dibandingkan dengan mesin bensin, maka kekuatan bahan dari mesin diesel itu sendiri lebih kuat. Apabila sebuah mesin disel di rawat secara rutin dan berkala serta pada penggunaan normal maka umur mesin diesel akan jauh lebih panjang dibandingkan dengan mesin bensin.
Sebelum melakukan perbaikan besar atau overhaul, mesin diesel akan tahan lama di bandingkan mesin bensin.
      Mengutip dari informasi pada amazine.co (2013)  bahwa mesin diesel bisa berumur sangat panjang pada operasional yang lama yaitu “Mercedes-Benz memegang rekor umur terpanjang ketahanan mesin diesel yang bisa beroperasi hingga hampir 1,5 juta km”

Gambar 5. Truck Mercedes-Benz 911 Dengan Mesin Diesel


2. Kerugian Mesin Diesel


Jika sebuah mesin memiliki keuntungan maka pastilah mesin tersebut juga memiliki kerugian, tanpa terkecuali mesin diesel. Berikut ada beberapa kerugian pada mesin diesel yaitu :

1. Harga

      Karena konstruksi mesin yang kuat, secara otomatis bahan penyusun dari mesin terebut haruslah kuat. Dan secara otomatis pula harga dari mobil bermesin diesel akan lebih mahal dibandingkan dengan mobil bermesin diesel.
      Selai itu karena ukurannya yang cukup besar maka harganyapn juga ikut naik.
      Berikut ada perbandingan antara mobil bermesin bensin dengan mobil bermesin diesel pada merk dan tipe yang sama yaitu Chevrolet Spin.


Gambar 6. Perbandingan Harga Mobil Bermesin Bensin dan Diesel

2. Gas Buang

        Gas buang pada mesin diesel lebih pekat dan berwarna hitam dibandingkan dengan gas buang pada mesin bensin. Hal tersebut dikarenakan pada bahan bakar diesel yaitu solar mengandung pelumas yang membuat saat solar tersebut terbakar secara spontan akan menimbulkan asap hitam.
        Alih-alih dengan memilih efisiensi bahan bakar yang bagus, solar justru disebut dengan bahan bakar yang tidak bagus dalam gas buangnya. Namun, bila diteliti justru gas buang pada mesin diesel lebih baik dibandingkan dengan gas buang pada mesin bensin. Itu karena kandungan Karbon Monoksida (CO) pada gas buang mesin diesel lebih sedikit dibandingkan dengan gas buang pada mesin bensin.

Gambar 7. Gas Buang Mesin Diesel

3. Getaran

Karena kompresi yang dilakukan di dalam mesin diesel sangat besar, imbasnya adalah pada getaran mesin saat mesin tersebut beroprasi sangat besar. Efeknya adalah kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil bermesin diesel berkurang.
      Selain itu, efek dari dihasilkannya tenaga yang besar pada mesin diesel. Getaran yang besar juga turut dihasilkan pada mesin diesel.

Gambar 8. Getaran Mesin Diesel

4. Bahan Bakar Langka

Kebanyakan dari SPBU yang ada di Indonesia menjual bahan bakar untuk mesin bensin yaitu Premium dan Pertamax. Belum semua SPBU menjual bahan bakar diesel yaitu solar. Masih sebagian SPBU saja yang menjual solar. Hal tersebut bisa dikarenakan banyaknya pengguna mesin bensin dibandingkan dengan mesin diesel.
      Selain itu untuk solar dengan kualitas yang bagus seperti pada pertamina dex masih terbatas jumlahnya. Tidak semua SPBU menjual pertamina dex padahal mesin-mesin diesel berjenis Common Rail harus menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas tinggi seperti pertamina dex dan lain sebagainya.

5. Ukuran Mesin

       Karena konstruksi yang besar maka apabila dibandingkan dengan mesin bensin pada kapasitas silinder yang sama, mesin diesel akan jauh lebih besar dibandingkan mesin bensin. Ukuran mesin diesel bisa duakali lebih besar dari mesin bensin. Kompresi dan tenaga yang dihasilkan juga turun menyebabkan dibuatnya mesin diesel yang berukuran lebih besar pada kapasitas silinder yang sama dengan mesin bensin.


Komentar

  1. siip penjelasannya gan, semoga bisa jadi acuan buat yang lain. salam bengkel service diesel

    BalasHapus
  2. siip, terima kasih sudah berkunjung gan :)

    BalasHapus
  3. wah lengkap sekali mas artikelnya, salam. :D

    BalasHapus
  4. bagus artikel kunjungi juga https://bacaartikellengkapp.wordpress.com
    bila ingin mencari mesin bubut http://www.agenmesinbubut.com/

    BalasHapus
  5. Komplit.. mas aku punya isuzu panther

    BalasHapus
  6. Masalah kadar sulfur bisa akali dengan menambahkan primo nitro diesel additive yang dicampurkan dalam solar. Bisa membersihkan nozzle dan menambah nilai cetane.
    Tokopedia/penghematbbmcair

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas penjelasannya...
    berarti mesin diesel masih lebih unggul yah...
    tetapi teknologi diesel nya Santafe sudah lebih halus dari yg lain...
    semoga harga diesel bisa lebih murah lagi...

    BalasHapus
  8. Lacak akar tentang mesin pom mini sebagai ilmu untuk anda.

    BalasHapus
  9. Dituliskan di bagian kelebihan, Sebelum melakukan perbaikan besar atau overhaul, mesin diesel akan tahan lama di bandingkan mesin bensin.
    Apakah setelah dilakukan overhaul, mesin diesel akan berkurang daya tahannya?

    BalasHapus
  10. terkadang efek samping dari overhoule (terutama overhoule yang tidak sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan) malah akan membuat mesin disel menjadi bermasalah dan mengalami penurunan daya, begitu juga sebaliknya

    BalasHapus
  11. penjelasan yang sangat detail dan bisa di mengerti gan.
    klau saya pribadi jelas diesel.

    nitip nih gan makasih sebelume ya
    bagi anda yang ingin website design service kunjungi website kami. kami juga melayani berbagai pilihan silahkan kunjungi kami tanya2 jga gk apa2 tentang website ataupun aplikasi

    website maintenance
    website design service
    website development service
    website programming

    terima kasih

    BalasHapus
  12. Artikel yang luar biasa, membuat saya bahagia, karena barusan April kemarin nebus All new pajero sport 2016. membuat saya semakin PD dan mantap atas pilihan saya.
    terima kasih

    BalasHapus
  13. sama-sama...
    tetap selalu pergunakan bahan bakar yang baik untuk teknologi disel DID pada Mitsubishi Pajero Disel
    Seperti Solar Dex (PertaDex), Diesel V Power Shell dan sebagainya

    BalasHapus
  14. Trimakasih gan buat ilmunya yang bermanfaat. (Y)

    BalasHapus
  15. Trimakasih gan buat ilmunya yang bermanfaat. (Y)

    BalasHapus
  16. Propokasi...jlashargax lebih mahal jauh ya iya...namax haraga mahal ya hrus lbij bagus

    BalasHapus
  17. Propokasi...jlashargax lebih mahal jauh ya iya...namax haraga mahal ya hrus lbij bagus

    BalasHapus
  18. Mantap ilmunya, bermanfaat buat yg awam. Tank's.

    BalasHapus
  19. Referensi banget buat mobil pajero saya, awalnya saya tidak paham banget membedakan tipe dan keunggulan masing masing bahan bakar ini, terimakasih atas penjelasannya

    Pommini

    BalasHapus

Posting Komentar

Artikel Yang Sering Dilihat

Contoh Soal Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  I.      PILIHAN GANDA 1.       Hand tools atau peralatan tangan adalah... a.        Semua peralatan yang terdapat pada bengkel otomotif, terutama bengkel sepeda motor b.    P eralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan dengan tenaga tangan atau manusia c.     Peralatan yang dipergunakan oleh mekanik sepeda motor dalam bekerja membongkar sepeda motor d.       Peralatan tambahan yang dipergunakan dalam bekerja menggunakan tangan pada bengkel otomotif e.        Peralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan menggunakan tenaga listrik atau angin 2.       Fungsi dari kunci pas ( open end wrench ) adalah... a.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur sesuai limit maksimum ukurannya b.       Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur di area yang tidak terbatas c.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur yang memiliki kekencangan tinggi d.       U ntuk menge

Membongkar Sistem Suspensi

        I.             Alat dan Bahan Alat : Kunci Pas 24 Kunci Pipa Kunci Sok 21 SST Pelepas Per      2. Bahan : Shock Absorber Keselamatan Kerja : Hati-hati dalam melepas per, karena mudah terpelanting   Langkah Kerja Kendorkan Mur 21 pada bagian ujung atas shock absorber Pasang SST Pelepas Per dan kencangkan dengan kunci pas 24 hingga per tidak mengembang Lepas Mur 21 yang sudah di kendorkan Lepas Support shock pada shock absorber  Lepas Per pada shock absorber Ganti Shock Absorber dan pasang kembali Per dan Support shock Pasang mur 21dan kencangkan menggunakan kunci shock Lepas SST Pelepas Per dan Selesai

Dapur Pengolah Besi dan Baja

DAPUR TINGGI Gambar Dapur Tinggi Pengertian Dapur tinggi merupakan tanur metalurgi digunakan untuk peleburan untuk memproduksi industri logam. Bijih besi yang di olah dalam dapur tinggi berupa pyrite (FeS 2 ), magnetite (Fe 3 O 4 ), serta hematite (Fe 2 O 3 ) . Konstruksi Dapur tinggi mempunyai bentuk dua buah kerucut yang berdiri menjadi satu di atas yang lain pada alasnya. Seluruh dinding dari dapur tinggi terbuat dari batu tahan api yang dilapisi baja khusus untuk lebih memperkuat konstruksinya selain itu pada dapur tinggi juga terdapat tiang-tiang penyanggah untuk menahan konstruksi dinding batu tahan api dan baja. Pada dapur tinggi juga dilengkapi dengan pesawat cowper yang berfungsi untuk meniupkan udara panas pada dapur tinggi. Proses Kerja Pada dasarnya proses kerja dapur tinggi bisa disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu : 1.       Proses pemasukan bahan-bahan yang akan diolah 2.       Proses reduksi bahan-bahan 3.       Proses pencairan bijih be

Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP ( Crankshaft Position Sensor ) merupakan salah satu sensor utama dalam mesin PGM-FI. Kenapa? Karena sensor ini mendeteksi posisi dari crankshaft atau poros engkol yang selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Dari sinyal yang di kirimkan oleh CKP, ECM akan memprosesnya menjadi perintah kepada aktuator seperti pompa bahan bakar ( fuel pump ) dan injektor untuk menentukan penyemprotan bahan bakar pada intake manifold . Selai itu dalam hal pengapian, ECM akan mengirimkan sinyal ke IG Coil untuk menentukan waktu pengapian agar sesuai. Jika sensor CKP tidak bekerja dengan kondisi nyata pada mesin, maka bisa dipastikan bahwa mesin tidak akan bisa menyala karena ECM tidak bisa menentukan kapan penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Hal tersebut merujuk pada Jonali (2013) “Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi keberadaan poros engkol, dimana sensor ini akan selalu mengirimkan sinyal kepada ECM, kemudian ECM menentukan kapan waktu pengapian dan kapan waktu b

Cara Pembongkaran Sistem Kemudi Jenis Bola Bersirkulasi (Recirculating Ball)

Sistem Bola Bersirkulasi (Recirculating Ball) Sebelum melakukan pembongkaran, terlebih dahulu buka dan lepaskan baut penghubung antara poros kemudi dengan steering gear box beserta baut – baut pengikat lainnya. Urutan dalam pembongkaran steering gear box adalah : Lepas lengan kemudi (Pit man ARM).      2. Buka mur pengunci sekrup penyetel dan Buka tutup kemudi poros sektor dengan empat baut. Gambar 1. Melepas Baut Petutup Kemudi      3. Tahan poros sektor diposisi lurus kedepan pada waktu melepaskannya dari kotak gigi. Jangan              melepas poros sektor dari rumah gigi dengan palu atau alat pemukul lainnya. Gambar 2. Melepas poros sector      4. Buka mur pengunci secrup penyetel bantalan roda gigi cacing dan lepaskan sekrup penyetel                bantalan. Gambar 3. Melepas mur pengunci Tarik keluar poros cacing (Worm Shaft) dari rumah roda gigi. Jangan membongkar mur bola (ball nut) dari poros cacing (worm shaft) dan hindarkan