Sistem Bola Bersirkulasi (Recirculating Ball)
Sebelum melakukan pembongkaran, terlebih dahulu buka dan
lepaskan baut penghubung antara poros kemudi dengan steering gear box beserta baut –
baut pengikat lainnya. Urutan dalam pembongkaran steering gear box adalah :
- Lepas
lengan kemudi (Pit man ARM).
Gambar 1. Melepas Baut Petutup Kemudi
3. Tahan poros sektor diposisi lurus kedepan pada waktu melepaskannya
dari kotak gigi. Jangan melepas poros sektor dari rumah gigi dengan palu atau
alat pemukul lainnya.
Gambar 2. Melepas poros sector
4. Buka mur pengunci secrup
penyetel bantalan roda gigi cacing dan lepaskan sekrup penyetel bantalan.
Gambar 3. Melepas mur pengunci
- Tarik keluar poros cacing (Worm Shaft) dari rumah
roda gigi.
Jangan membongkar mur
bola (ball nut) dari poros
cacing (worm shaft) dan
hindarkan agar (ball nut) tidak
membentur ujung poros cacing.
Analisa
terhadap pembongkaran steering
gear box.
- Lakukan
perbaikan yang diperlukan dan penggantian komponen-komponen dari steering gear box jika
ditemukan keausan, kerusakan atau kondisi abnormal lainnya.
- Periksa poros cacing (Worm shaft) dan mur
bola (Ball nut) dari
keausan dan kerusakan.
- Lakukan pengujian pada poros
cacing terhadap mur bola dengan cara menahan poros kearah vertical dan
periksa mur bola turun dengan gerakan yang mulus. Jika penurunan mur bola
karena beratnya sendiri tidak lancar, periksa poros cacing jika ada
kebengkokkan dan alur bola mendesing, penyok atau ada benda lain.
Gambar 4. Pemeriksaan
Mur Bola dan Poros Cacing
4. Periksa bantalan poros cacing dari keausan dan kerusakan, ganti bantalan dan luncuran bantalan jika rusak.
Gambar 5. Melepas luncuran bantalan
6. Periksa permukaan poros sector yang bergeseran dengan bos serta periksa
gigi – gigi jika kemungkinan rusak dan ukur diameter poros menggunakan
micrometer.
Gambar 6. Poros sector
7. Periksa celah dorong poros
sector menggunakan feeler gauge. Celah maksimum 0.04 mm, jika perlu pasang
cincin dorong yang baru untuk mendapatkan celah oli yang minimum diantara poros
sector dan secrup penyetel
Gambar 7. Pengukuran celah oli
- Periksa
oli seal, jika perlu ganti oli seal dengan yang baru.
- Periksa tutup rumah kemudi
terhadap kerusakan dan keausan dan ukur diameter dalam bushing.
- Periksa rumah kemudi terhadap kerusakan dan ukur diameter dalam rumah kemudi.
Gambar 8. Rumah Kemudi
Merakit steering gear box
- Oleskan
grease pada pada bushing dan seal oli.
- Pada saat
memasang, harus berhati – hati jangan sampai merusak seal oli dan beri
gasket cair pada secrup tutup ujung.
- Pasang poros cacing dan mur
bola pada rumah kemudi serta pasang bantalan pada poros cacing.
- Kencangkan baut tutup rumah kemudi bagian depan, sambil mengencangkan baut pada tutup pastikan poros cacing dapat berputar dengan lancar dan lembut.
Catatan : Tutup rumah kemudi ini sudah terpasang saat memasang
poros cacing, urutan pemasangannya adalah mur bola, tutup rumah kemudi dan
poros cacing.
Gambar 9. Pemasangan
secrup penyetel bantalan
- Pasang dan stel secrup penyetel
bantalan kencangkan secrup penyetel dengan pelan – pelan.
- Pasang sekrup penyetel dan
cincin dorong pada poros sector, set mur bola diposisi tengah dari poros
cacing.
- Masukan poros sector dalam rumah kemudi, sehingga pertengahan gigi saling berkaitan.
Gambar 10. Posisi center antara gigi sector dan gigi mur bola
- Oleskan
cairan perapat pada gasket dan tutup rumah kemudi. Pasang tutup rumah
kemudi diatas gasket dan kencangkan empat baut tutup rumah kemudi.
- Kendorkan
secrup penyetel semaksimal mungkin, kemudian kencangkan empat baut tutup
rumah kemudi.
- Set
poros roda cacing pada posisi netral dengan cara menghitung jumlah
putaran poros dan putar kembali poros setengah dari jumlah putaran poros
tersebut.
- Setel
beban mula total dengan cara memutar secrup penyetel sambil mengukur beban
mula sampai diperoleh beban mula yang benar.
Catatan : Pastikan bahwa poros roda gigi cacing berada
pada posisi netral.
Kencangkan mur pengunci
secrup penyetel poros sector.
Gambar 11. Mengencangkan mur pengunci penyetel poros
- Pasang gear box pada kedudukannya
kembali, kencangkan baut pengikat gear box pada chasis.
Pasang pit man arm,
tepatkan tanda pada poros sector dengan tanda pada pit man arm.
Gambar 12. Tanda
pada Pit Man Arm dan Poros Sector
- Pasang pit
man arm pada batang pengantar (Relay
rod) dan sambungan kemudi (Steering linkage).
- Periksa dan stel gerak bebas
kemudi.
- Pasang saluran hisap dan saluran tekanan dari pompa power steering ke steering gear box.
Komentar
Posting Komentar