Kopling
merupakan komponen dari mesin mobil yang sangat penting, hal ini mengacu
pendapat Daryanto(1997) yang menyatakan bahwa “Kopling adalah satu bagian yang
mutlak di perlukan pada mobil-mobil bensin, diesel dan jenis lainnya di mana
penggerak utamanya di peroleh dari hasil pembakaran di dalam silinder mesin, ”.
Sesuai
dengan fungsi kopling itu sendiri yang tercantum dalam NEW STEP 1 TRAINING
MANUAL (2010) kopling mempunyai fungsi untuk menghubungkan dan melepaskan
tenaga dari mesin ke transmisi melalui kerja pedal selama perkaitan gear,
selain itu kopling juga dapat memindahkan tenaga secara perlahan-lahan dari
mesin ke roda-roda penggerak (drive wheel). Untuk memungkinkan mesin dapat
hidup dengan lembut diperlukan kopling untuk memindahkan tenaga mesin dengan
perlahan-lahan dan sesudah tenaga sebagian besar pindah maka pemindahan tenaga
akan berlangsung tanpa terjadi slip (lepas), kopling harus dapat bekerja dengan
sederhana. Hal ini mengacu dalam pernyataan Daryanto (1997).
Kopling
yang baik harus memenuhi persyaratan,
berikut ini Daryanto (1997) memaparkan sebagai berikut:
- · Harus dapat menggerakan peralatan pemutar dengan lembut dan tidak menggagap atau meloncat dengan sendirinya.
- · Gesekan antara masing-masing bagian penghubung harus benar.
- · Bagian penghubung yang diputar tidak boleh bersifat seperti roda penerus jadi harus ringan.
- · Hubungan itu harus dapat diputuskan dengan mudah dan aman.
Persyaran kopling juga tercantum dalam NEW STEP 1 TRAINING MANUAL(2010),
berikut ini syarat-syaratnya:
- · Harus dapat menghubungkan transmisi dengan mesin secara lembut.
- · Pada saat menghubungkan ke transmisi harus dapat memindahkan tenaga tanpa terjadi slip
- · Harus dapat membebaskan hubungan dari transmisi dengan sempurna dan cepat
Baca juga mengenai Jenis Kopling, klik disini
Komentar
Posting Komentar