Berikut adalah contoh dari Identifikasi KD yang bersifat HOTS untuk Mapel Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor (C3) Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Kelas XI (Sebelas)
Kompetensi Inti (KI) |
Kompetensi Dasar (KD) |
Analisis KI |
Analisis KD |
Kesimpulan |
||
---|---|---|---|---|---|---|
Tingkat Dimensi Kognitif |
Jenis Dimensi Pengetahuan |
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan bentuk Pengetahuan |
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan bentuk Pengetahuan KD Mata Pelajaran |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional |
3. 1 Memahami prinsip kerja sistem penerangan |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
3.2 Memahami prinsip kerja sistem instrumen dan sinyal |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.3 Memahami prinsip kerja sistem starter |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.4 Memahami prinsip kerja sistem pengapian konvensional |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.5 Memahami prinsip kerja sistem pengapian elektronik |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.6 Memahami prinsip kerja sistem pengisian |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.7 Memahami prinsip kerja sistem pengamanan |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.8 Memahami prinsip kerja sensor sistem kontrol elektronik Injeksi |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Memahami (C2) |
Konseptual |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.9 Mengevaluasi kerja system penerangan |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Mengevaluasi (C5) |
Prosedural |
Kurang Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.10 Menganalisis gangguan pada system instrumen |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Menganalisis (C4) |
Metakognitif |
Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.11 Menganalisis gangguan system sinyal |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Menganalisis (C4) |
Metakognitif |
Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.12 Menganalisis gangguan sistem starter |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Menganalisis (C4) |
Metakognitif |
Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.13 Menganalisis gangguan sistem pengisian |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Menganalisis (C4) |
Metakognitif |
Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.14 Menganalisis gangguan sistem pengapian konvensional |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Menganalisis (C4) |
Metakognitif |
Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.15 Menganalisis gangguan sistem pengapian elektronik |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Menganalisis (C4) |
Metakognitif |
Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
3.16 Mengevaluasi indikator kode kerusakan sistem injeksi |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Mengevaluasi (C5) |
Faktual |
Kurang Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
3.17 Mengevaluasi sistem pengaman |
Tuntutan level kognitif KD.3 sudah sesuai dengan KI.3 |
Mengevaluasi (C5) |
Konseptual |
Kurang Sesuai |
Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
4.1 Merawat berkala sistem penerangan |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
4.2 Merawat berkala system instrumen dan sinyal |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.3 Merawat berkala sistem starter |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.4 Merawat berkala sistem pengapian konvensional |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.5 Merawat berkala sistem pengapian elektronik |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.6 Merawat berkala sistem pengisian |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.7 Merawat sistem pengamanan |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.8 Merawat sensor sistem kontrol elektronik Injeksi |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Presisi (mahir) (P3) |
Sesuai |
Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
|
4.9 Memperbaiki kinerja sistem penerangan |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.10 Memperbaiki sistem instrumen |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.11 Memperbaiki sistem sinyal |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.12 Memperbaiki sistem starter |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.13 Memperbaiki sistem pengisian |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.14 Memperbaiki sistem pengapian konvensional |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.15 Memperbaiki sistem pengapian elektronik |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.16 Memperbaiki sistem injeksi dan reset kode kerusakan |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
4.17 Memperbaiki perbaikan sistem pengaman |
KD.4 Sesuai dengan KI.4 |
Kongkrit |
Artikulasi (alami) (P4) |
Sesuai |
High Order Thinking Skills (HOT’s) |
|
Komentar
Posting Komentar