Langsung ke konten utama

Identifikasi Kompetensi Dasar (KD) yang bersifat HOTS (Higher Order Thinking Skills)

 Berikut adalah contoh dari Identifikasi KD yang bersifat HOTS untuk Mapel Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor (C3) Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Kelas XI (Sebelas)



Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Dasar (KD)

Analisis KI

Analisis KD

Kesimpulan

Tingkat
Dimensi Kognitif

Jenis Dimensi
Pengetahuan

Kesesuaian Dimensi Kognitif
dengan bentuk Pengetahuan

Ketercapaian Dimensi Kognitif
dan bentuk Pengetahuan KD
Mata Pelajaran
   
1   
   
2   
   
3   
   
4   
   
5   
   
6   
   
7   

3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang
dan lingkup kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional

3. 1 Memahami prinsip kerja sistem penerangan

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3

Memahami (C2)
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

3.2 Memahami prinsip kerja sistem instrumen
dan sinyal

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
3.3 Memahami prinsip kerja sistem starter   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

3.4 Memahami prinsip kerja sistem
pengapian konvensional

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

3.5 Memahami prinsip kerja sistem
pengapian elektronik

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
3.6 Memahami prinsip kerja sistem pengisian   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
3.7 Memahami prinsip kerja sistem pengamanan   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

3.8 Memahami prinsip kerja sensor sistem
kontrol elektronik Injeksi

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Memahami (C2)   
   
Konseptual   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
3.9 Mengevaluasi kerja system penerangan   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Mengevaluasi (C5)   
   
Prosedural   
   
Kurang Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

3.10 Menganalisis gangguan pada
system instrumen

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Menganalisis (C4)   
   
Metakognitif   
   
Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
3.11 Menganalisis gangguan system sinyal   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Menganalisis (C4)   
   
Metakognitif   
   
Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
3.12 Menganalisis gangguan sistem starter   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Menganalisis (C4)   
   
Metakognitif   
   
Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
3.13 Menganalisis gangguan sistem pengisian   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Menganalisis (C4)   
   
Metakognitif   
   
Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

3.14 Menganalisis gangguan sistem
pengapian konvensional

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Menganalisis (C4)   
   
Metakognitif   
   
Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

3.15 Menganalisis gangguan sistem
pengapian elektronik

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Menganalisis (C4)   
   
Metakognitif   
   
Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

3.16 Mengevaluasi indikator kode
kerusakan sistem injeksi

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Mengevaluasi (C5)   
   
Faktual   
   
Kurang Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
3.17 Mengevaluasi sistem pengaman   

Tuntutan level kognitif KD.3
sudah sesuai dengan KI.3
   
Mengevaluasi (C5)   
   
Konseptual   
   
Kurang Sesuai   
   
Higher Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi,
dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
   
4.1 Merawat berkala sistem penerangan   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

4.2 Merawat berkala system instrumen dan sinyal
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
4.3 Merawat berkala sistem starter   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

4.4 Merawat berkala sistem
pengapian konvensional
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

4.5 Merawat berkala sistem
pengapian elektronik
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
4.6 Merawat berkala sistem pengisian   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
4.7 Merawat sistem pengamanan   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   

4.8 Merawat sensor sistem kontrol
elektronik Injeksi
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Presisi (mahir) (P3)   
   
Sesuai   
   
Lower Order
   
Thinking
   
Skills (LOT’s)   
   
4.9 Memperbaiki kinerja sistem penerangan   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.10 Memperbaiki sistem instrumen   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.11 Memperbaiki sistem sinyal   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.12 Memperbaiki sistem starter   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.13 Memperbaiki sistem pengisian   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.14 Memperbaiki sistem pengapian konvensional   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.15 Memperbaiki sistem pengapian elektronik   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

4.16 Memperbaiki sistem injeksi dan
reset kode kerusakan
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   
   
4.17 Memperbaiki perbaikan sistem pengaman   
   
KD.4 Sesuai dengan KI.4   
   
Kongkrit   
   
Artikulasi (alami) (P4)   
   
Sesuai   
   
High Order
   
Thinking
   
Skills (HOT’s)   

Komentar

Artikel Yang Sering Dilihat

Contoh Soal Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  I.      PILIHAN GANDA 1.       Hand tools atau peralatan tangan adalah... a.        Semua peralatan yang terdapat pada bengkel otomotif, terutama bengkel sepeda motor b.    P eralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan dengan tenaga tangan atau manusia c.     Peralatan yang dipergunakan oleh mekanik sepeda motor dalam bekerja membongkar sepeda motor d.       Peralatan tambahan yang dipergunakan dalam bekerja menggunakan tangan pada bengkel otomotif e.        Peralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan menggunakan tenaga listrik atau angin 2.       Fungsi dari kunci pas ( open end wrench ) adalah... a.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur sesuai limit maksimum ukurannya b.       Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur di area yang tidak terbatas c.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur yang memiliki kekencangan tinggi d.       U ntuk menge

Prosedur Pembongkaran Rem Cakram Mobil

A.       Persiapan Alat dan Bahan 1. Alat -    Dongkrak -    Penyangga (jack stand) -    Kunci roda -    Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm -    Track untuk mendorong Piston Rem 2. Bahan -    Unit Kendaraan             -    Kertas Amplas B.       Tujuan 1.       Untuk memahami prosedur pembongkaran dan pemasangan rem 2.       Memahami pemeriksaan sistem rem cakram dan bagian-bagian mana yang perlu diganti.       3.    Servis sistem rem C.       Keselamatan Kerja 1.       Menggunakan pakaian kerja 2.       Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya 3.       Tidak bekerja di bawah mobil yang diangkat tanpa penyangga yang baik. 4.       Tidak membersihkan rem dengan angin, debu asbes dari kanvas beracun. 5.       Lakukan sesuai prosedur  6.  Gunakan kunci 12 untuk buka pen caliper bagian bawah Gambar Rem Cakram       7. Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, dan diikat dengan tali supaya tida

Membongkar Sistem Suspensi

        I.             Alat dan Bahan Alat : Kunci Pas 24 Kunci Pipa Kunci Sok 21 SST Pelepas Per      2. Bahan : Shock Absorber Keselamatan Kerja : Hati-hati dalam melepas per, karena mudah terpelanting   Langkah Kerja Kendorkan Mur 21 pada bagian ujung atas shock absorber Pasang SST Pelepas Per dan kencangkan dengan kunci pas 24 hingga per tidak mengembang Lepas Mur 21 yang sudah di kendorkan Lepas Support shock pada shock absorber  Lepas Per pada shock absorber Ganti Shock Absorber dan pasang kembali Per dan Support shock Pasang mur 21dan kencangkan menggunakan kunci shock Lepas SST Pelepas Per dan Selesai

Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP ( Crankshaft Position Sensor ) merupakan salah satu sensor utama dalam mesin PGM-FI. Kenapa? Karena sensor ini mendeteksi posisi dari crankshaft atau poros engkol yang selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Dari sinyal yang di kirimkan oleh CKP, ECM akan memprosesnya menjadi perintah kepada aktuator seperti pompa bahan bakar ( fuel pump ) dan injektor untuk menentukan penyemprotan bahan bakar pada intake manifold . Selai itu dalam hal pengapian, ECM akan mengirimkan sinyal ke IG Coil untuk menentukan waktu pengapian agar sesuai. Jika sensor CKP tidak bekerja dengan kondisi nyata pada mesin, maka bisa dipastikan bahwa mesin tidak akan bisa menyala karena ECM tidak bisa menentukan kapan penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Hal tersebut merujuk pada Jonali (2013) “Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi keberadaan poros engkol, dimana sensor ini akan selalu mengirimkan sinyal kepada ECM, kemudian ECM menentukan kapan waktu pengapian dan kapan waktu b

Dapur Pengolah Besi dan Baja

DAPUR TINGGI Gambar Dapur Tinggi Pengertian Dapur tinggi merupakan tanur metalurgi digunakan untuk peleburan untuk memproduksi industri logam. Bijih besi yang di olah dalam dapur tinggi berupa pyrite (FeS 2 ), magnetite (Fe 3 O 4 ), serta hematite (Fe 2 O 3 ) . Konstruksi Dapur tinggi mempunyai bentuk dua buah kerucut yang berdiri menjadi satu di atas yang lain pada alasnya. Seluruh dinding dari dapur tinggi terbuat dari batu tahan api yang dilapisi baja khusus untuk lebih memperkuat konstruksinya selain itu pada dapur tinggi juga terdapat tiang-tiang penyanggah untuk menahan konstruksi dinding batu tahan api dan baja. Pada dapur tinggi juga dilengkapi dengan pesawat cowper yang berfungsi untuk meniupkan udara panas pada dapur tinggi. Proses Kerja Pada dasarnya proses kerja dapur tinggi bisa disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu : 1.       Proses pemasukan bahan-bahan yang akan diolah 2.       Proses reduksi bahan-bahan 3.       Proses pencairan bijih be