1. Guru dengan
kemampuan verbal yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemampuan
verbal guru ditujukkan oleh:
a. Kompetensi
untuk mengemukakan ide-ide dan mengkomunikasikannya dengan jelas
b. Penguasaan yang
luas dan mendalam atas konsep dan teori-teori pendidikan
c. Pemahaman atas
anak didik untuk membangun suasana komunikasi yang baik
d. Kualifikasi
akademik yang memadai dan memiliki sertifikasi sebagai pendidik
2. Ungkapan
“Dalang tak pernah kehabisan cerita” mencerminkan adanya kelemahan vital pada pembelajaran
yang diselenggarakan guru, yaitu:
a. Pembelajaran
yang dilaksanakan oleh guru dilakukan sembarangan
b. Guru tidak
seimbang keterampilan pedagogis dan pengetahuan isinya
c. Pembelajaran
tidak dikembangkan berdasar tujuan yang jelas
d. Guru memiliki
kelemahan dalam memahami keberadaan siswa
3. Lama waktu
bukan indikator yang baik untuk mengukur pengalaman guru. Aspek penting yang
dapat dijadikan indikator untuk mencirikan guru berpengalaman adalah
kemampuannya untuk:
a. Merencanakan
pembelajaran dengan baik
b. Melaksanakan
pembelajaran secara efisien
c. Mengelola kelas
secara efektif
d. Berimprovisasi
dalam proses pembelajaran
4. Guru
profesional memiliki keterampilan sosial dan hal tersebut ditunjukkan oleh:
a. Kemampuan uutuk
berkomunikasi secara obyektif dengan siswa
b. Pemahaman akan
lingkungan sosial anak didik di luar sekolah
c. Kemampuan
menjalin hubungan positif dengan anak didik
d. Peran aktifnya
dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan
5. Keterampilan
untuk menata dan mengelola kelas dicerminkan oleh kemampuan guru profesional untuk:
a. Membuat siswa
tertib dan disiplin mengikuti proses pembelajaran
b. Membangun
komunikasi yang intensif dengan siswa
c. Menciptakan
lingkungan yang kondusif untuk belajar
d. Menjadikan
kelas rapi, bersih dan menyenangkan
6. Dalam kegiatan
pembelajaran, tugas guru secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi tiga,
yaitu:
a. Merencanakan
pembelajaran, merencanakan media pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
b. Merencanakan
strategi pembelajaran, merencanakan media pembelajaran, dan mengevaluasi
pembelajaran.
c. Merencanakan
strategi pembelajaran, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasi
pembelajaran.
d. Merencanakan
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
7. Seorang guru
ingin mengajarkan sistem kemudi menggunakan media berbasis komputer yang bisa dimodifikasi
geraknya sesuai keinginan. Media yang tepat digunakan guru tesebut adalah
...
a. Powerpoint
b. Film
c. Adobe Flast
d. Internet
8.
Seorang guru akan menggunakan model belajar mandiri
kepada muridnya, maka media yang cocok adalah ...
a.
Buku teks
b.
Film
c.
Modul
d.
Handout
9.
Dalam merancang suatu pembelajaran, proses pemilihan media
dilakukan setelah ...
a.
merumuskan tujuan pembelajaran
b.
menetapkan materi pembelajaran
c.
menetapkan indikator kompetensi
d.
memilih strategi pembelajaran
10.
Salah satu kriteria pemilihan media pembelajaran
adalah tingkat kesesuaian. Yang dimaksud dengan ksesuaian tersebut adalah....
a.
Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.
Sesuai dengan materi pembelajaran
c.
Sesuai dengan karakteristik siswa
d.
Sesuai dengan biaya yang tersedia
11. Kurikulum
pendidikan kejuruan berorientasi pada proses dan hasil. Yang dimaksug proses dalam hal ini adalah:
a. Seluruh
matadiklat yang dipelajari selama di sekolah
b. seluruh pengalaman belajar praktek selama di
sekolah
c. Seluruh
aktifitas dan pengalaman belajar selama di sekolah
d. Seluruh pengalaman
belajar teori dan praktek selama di sekolah
12. Kurikulum
pendidikan kejuruan harus bersifat dinamis artinya:
a. harus selalu
diperbaharui atau disesuaikan dengan adanya perubahan yang terjadi dalam dunia
kerja.
b. harus selalu
diperbaharui atau disesuaikan dengan adanya perubahan teknologi yang terbaru
c. harus selalu
diperbaharui atau disesuaikan dengan adanya perubahan yang terjadi di
masyarakat
d. harus selalu
diperbaharui atau disesuaikan dengan adanya perubahan yang terjadi di bidang
pendidikan teknik
13. Salah satu tahapan dalam merencanakan pembelajaran adalah pengorganesasian
materi pelajaran. Tujuan dari pengorganesasian materi adalah agar ....
a. Guru dapat nenilih kegiatan belajar
b. Siswa mudah memahami pelajaran
c. Guru dapat memperhatikan urutan materi yang diajarkan
d. Guru mudah dalam mengajar
14.
Dalam RPP ada tahap apersepsi sebelum membahas
materi pembelajaran. Pada tahap apersepsi guru menyampaikan informasi
kecuali...
a.
Materi yang akan dibahas
b.
Manfaat materi
c.
Tujuan pembelajaran
d.
Sistim penilaian
15. Kompetensi Dasar merupakan:
a. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran
tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi
b. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam seluruh mata
pelajaran sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi
c. Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi
d. Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam seluruh mata pelajaran
sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi
16. Guru mengajar
dengan memberi kebebasan masing masing
siswa memilih obyek yang dipelajarinya, maka guru tersebut menganut
teori :
a.
Behavioristik
b.
Konvergensi
c.
Kognitif
d.
Naturalistik
17. Intelektual anak berkembang seiring dengan bertambahnya usia/umur. Perkembangan
intelektual siswa SMK yang berumur antara 15 – 18 tahun berada pada tahap …
a.
Pra Operasional
b.
Operasi Kongkrit
c.
Operasi formal
d.
Operasional
18. Seseorang yang
belajar hubungan antar konsep untuk dapat meramalkan, memecahkan masalah dan
membuat kesimpulan baru adalah …
a.
Belajar informasi
b.
Belajar konsep
c.
Belajar prinsip
d.
Belajar ketrampilan
19. Dasar pemilihan
strategi/metode pembelajaran yang paling tepat adalah ...
a. Disesuaikan
dengan gaya mengajar guru
b. Disesuaikan
dengan karakteristik materi pelajaran
c. Disesuaikan
dengan evaluasi yang akan dilaksanakan
d. Disesuaikan
dengan alokasi waktu yang tersedia
20. Ciri dari
pembelajaran behaviorisme
adalah ...
a.
Menekankan pada proses-proses yang bersifat internal
b.
Hasil belajar dapat diamati atau diobservasi
c.
Tidak membatasi definisi pebelajar pada perilaku yang dapat diamati
d.
Menekankan pada belajar bermakna
21. c4Mengajarkan
materi ajar spooring
akan lebih cepat tercapai tujuan
instruksionalnya, bila guru menggunakan :
a. metode ceramah
b. metode
demonstrasi
c. metode diskusi
d. metode
role-play
22.
Siswa yang terlalu lama dalam menjawab karena
telalu banyak mempertimbangkan segala alternatif merupakan tipe anak dengan gaya
belajar....
a.
Impulsif
b.
Field dependent
c.
Reflektif
d.
Sistematis
23. Dalam merancang
tes obyektif, guru harus mempertimbangkan jumlah butir soal. Hal ini dikarenakan....
a.
makin banyak butir soal, waktu pengerjaan
makin efektif
b.
makin besar jumlah butir soal,
kemungkinan reliabilitas makin tinggi
c.
makin besar jumlah butir soal, makin
fokus representasi bidang studi yang dites.
d.
makin besar jumlah butir soal, makin
kompleks tugas yang dituntut oleh tes
24. Seorang guru pertanyaan kepada siswa “apa bedanya motor 2 tak dan motor 4
tak”. Guru tersebut sedang mengukur siswa pada jenjang kemampuan ...
a.
Pengetahuan
b.
Pemahaman
c.
Sistesis
d.
Aplikasi
25.
Suatu penilaian dikatakan autentik apabila
seorang guru ......
a.
Memberi tugas kelompok
b.
Memberi tes pilihan ganda
c.
Memberi tes tulis uraian
d.
Memberi tes lesan/presentasi
26.
Kualitas suatu alat penilaian dapat
ditunjukkan dengan tingkat reliabelitas, yaitu...
a.
Kesanggupan alat penilaian untuk mengukur konsep yang dinilai
b.
Kesanggupan alat penilaian untuk mengukur
pengertian yang terkandung dalam materi
c.
Kesanggupan alat penilaian untuk memprediksi
prestasi belajar siswa
d.
Kesanggupan alat penilaian untuk mengukur
hasil belajar secara ajeg
27.
Sistem penilaian hasil belajar dibedakan atas
PAP dan PAN. Berikut ini yang merupakan sistem PAN adalah...
a.
Sistem yang mengacu pada konsep belajar tuntas
b.
Sistem yang mengacu pada tujuan yang
ditetapkan
c.
Sistem yang mengacu pada rata-rata kelas
d.
Sistem yang mengacu pada standar kompetensi
28. Dalam
pelaksanaan tindakan dalam PTK, guru berperan ganda yaitu.
a. guru sekaligus
peneliti.
b. guru sekaligus
adaministrator.
c. peneliti
sekaligus pengelola penelitian.
d. peneliti
sekaligus penyusun proposal.
29. Judul PTK
yang tepat di bawah ini ialah
a. Pengaruh
Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran
pengukuran teknik.
b. Peningkatan Kualitas
Pembelajaran pengukuran teknik dengan Penerapan Strategi Pembelajaran
Kontekstual.
c. Pelaksanaan
Pembelajaran pengukuran teknik dengan
Strategi Pembelajaran KontekstuaL
d. Korelasi
Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Peningkatan Kualitas Pembehjaran
pengukuran teknik
30. Langkah-langkah
PTK merupakan rangkaian kegiatan yang berulang
sampai mencapai hasil yang diharapkan. Kegiatan ini disebut
a. Sirkuler.
b. Siklus.
c. Aliran.
d. Pengulangan.
B. BIDANG STUDI
OTOMOTIF
31. Pada
motor dua langkah (2 tak), proses mengisap campuran bahan bakar dan udara
dilakukan pada saat
a. Piston
bergerak dari TMA ke TMB.
b. Piston
bergerak dari TMB ke TMA.
c. Gas
buang keluar dari silinder.
d. Saluran
bilas terbuka.
32. Prinsip dasar kerja motor listrik
menggunakan kaidah tangan kiri, yaitu:
a. Jika
jari telunjuk sebagai arah flux magnet, jari tengah sebagai arah arus maka ibu
jari merupakan arah gaya elektromagnet.
b. Jika
jari telunjuk sebagai arah arus, jari tengah sebagai arah fluxmagnet maka ibu
jari merupakan arah gaya elektromagnet.
c. Jika
jari telunjuk sebagai arah flux magnet, ibu jari sebagai arah arus maka jari
tengah sebagai arah gaya elektromagnet.
d. Jika
jari telunjuk sebagai arah arus, ibu jari sebagai arah fluxmagnet maka jari
tengah merupakan arah gaya elektromagnet.
33.
Prinsip
kerja pompa adalah mengkonversi energi dari penggerak pompa menjadi energi
tekanan fluida. Konversi energi pada pompa adalah...
a. Dari
energi potensial ke energi mekanik.
b. Dari
energi potensial ke energi kinetik.
c. Dari
energi mekanik ke energi kinetik.
d. Dari
energi mekanik ke energi potensial.
34. Kompresor bertingkat banyak digunakan
untuk:
a.
Meningkatkan efisiensi yang lebih tinggi.
b.
Meningkatkan jumlah udara yang lebih
banyak.
c.
Meningkatkan tekanan udara yang lebih
tinggi.
d.
Meningkatkan temperatur yang lebih tinggi.
35. Hukum listrik yang menyatakan bahwa arus
yang mengalir berbanding lurus dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan
resistansinya adalah:
a.
Hukum Faradey.
b.
Hukum Ohm.
c.
Hukum Coulombs.
d.
Hukum Lorentz.
36. Transistor
mempunyai berbagai fungsi dalam sistem kelistrikan. Berikut ini yang bukan
merupakan fungsi transistor adalah:
a.
Transistor sebagai Saklar (Switch).
b.
Transistor sebagai Pengatur Arus (Voltage
Regulator).
c.
Transistor sebagai Penguat Arus (Voltage
Amplify).
d.
Transistor sebagai Penyeimbang Arus
(Voltage Balance).
37. Berapa
tekanan maksimum pembakaran motor bakar bensin:
a. 2
– 6 Mpa.
b. 3
– 6 Mpa.
c. 4
– 6 Mpa.
d. 5
- 6 Mpa.
38. Dalam
satu siklus mesin empat langkah, poros engkol berputar sebanyak
a. 720
derajat.
b. 360
derajat.
c. 760
derajat.
d. 560
derajat.
39. Ada
banyak alasan mengapa motor bakar dibuat lebih dari 1 (satu) silinder. Berikut
ini yang bukan alasan dimaksud adalah:
a. Motor
lebih tenang, karena gaya penggerak poros engkol lebih merata.
b. Getaran
kecil, karena gaya-gaya torak saling menyeimbangkan.
c. Motor
jumlah silinder yang banyak dengan langkah torak lebih pendek, kecepatan torak
pada putaran tinggi masih dalam batas yang diijinkan, sesuai kekuatan bahan.
d. Bisa
menghasilkan putaran yang lebih tinggi.
40. Daya
atau output kendaraan didapatkan dengan persamaan:
a. Daya
merupakan torsi kali percepatan.
b. Daya
merupakan gaya kali percepatan.
c. Daya
merupakan gaya kali kecepatan.
d. Daya
merupakan torsi kali kecepatan.
41. Pernyataan
yang tidak benar menyangkut tentang torsi adalah:
a. Ukuran
kemampuan mesin untuk melakukan kerja.
b. Besaran
turunan yang biasa digunakan untuk menghitung energi yang dihasilkan dari benda
yang berputar pada porosnya.
c. Pengukurannya
pada poros motor bakar dilakukan dengan alat Dinamometer.
d. Bahan
bakar akan boros apabila mesin berputar pada torsi maksimum.
42. Nilai
Oktan dalam bahan bakar bensin menunjukkan:
a.
Semakin besar angka oktan, semakin mudah
bensin terbakar sendiri.
b.
Kemudahan bahan bakar untuk dibakar.
c.
kualitas anti-knock.
d.
kualitas bahan bakar tidak berkurang
selama masa penyimpanan.
43. Motor
bensin dengan perbandingan kompresi 1:15 sebaiknya menggunakan bahan bakar:
a.
Bensin dengan nilai oktan 88.
b.
Bensin dengan nilai oktan 92.
c.
Bensin dengan nilai oktan 95.
d.
Tidak ada jawaban yang benar.
44. Ada
beberapa kriteria bahan bakar Diesel yang memadai. Namun salah satu yang tidak
memadai dalam pernyataan berikut adalah:
a.
Tidak mudah menguap pada temperatur
normal.
b.
Memiliki kekentalan yang memadai sehingga
mudah disemprotkan oleh injektor.
c.
Memiliki daya pelumasan bagi pompa dan
nozel.
d.
Residu karbon diatas 0,05 dari persen
berat.
45. Nilai
kalor yang diperoleh dari pembakaran 1 kg bahan bakar tanpa memperhitungkan panas
kondensasi uap disebut dengan:
a. HHV.
b. LHV.
c. HCV.
d. LCV.
46. Berdasarkan klasifikasi American Petroleum Institute
(API) kode kualitas oli mesin dibawah ini yang paling baik adalah:
a. SA
b. SB
c. SC
d. SD
47. Oli multigrade adalah:
a. Oli
yang memiliki tingkat kekentalan lebih dari dua.
b. Oli yang bisa mempertahankan kekentalannya pada suhu
tinggi dan rendah.
c. Oli
yang memiliki tingkat kekentalan ganda.
d. Oli
yang memiliki tingkat kekentalan tertentu.
48. Pada
mistar geser, jika 39 bagian skala utama dibagi menjadi 20 bagian pada skala
nonius, maka ketelitian mistar geser ini adalah:
a.
0,01 mm.
b.
0,1 mm.
c.
0,02 mm.
d.
0,05 mm.
49. Tentukan
nilai pengukuran mistar geser seperti ditunjukkan pada gambar ini:
a. 7,63
mm.
b. 7,17
Cm.
c. 7,13
Cm.
d.
7,62 mm.
Gambar Untuk Soal Nomor 49
50.
Jika selector berada pada posisi 10 x,
maka nilai tahanan yang ditunjuk oleh jarum penunjuk pada gambar adalah:
a. 9
Ohm.
b. 9k
Ohm.
c. 10
Ohm.
d.
90 Ohm.
Gambar Untuk Soal Nomor 50
51. Gambar
disamping mengandung makna:
a. Posisi
lift.
b. Periksa
posisi pengangkatan saat menggunakan lift.
c. Perhatikan
posisi dongkrak.
d. Posisi dongkrak.
Gambar Untuk Nomor 51
52. Nama
kunci pada gambar berikut adalah:
a.
Socket.
b.
Angled universal joint.
c.
Torx® wrench.
d.
Extension bar.
Gambar Untuk Nomer 52
53. Handtool
yang pembukaan rahangnya bisa dirubah adalah:
a.
Open end wrench.
b.
Box closed end
wrench.
c.
Combination
wrench.
d.
Adjustable
wrench.
54. Salah
satu cara yang tepat mencegah kecelakaan kerja seperti pada gambar berikut ini
adalah:
a.
Jangan
menggunakan air tool untuk melepas pegas.
b.
Jangan
menggunakan alat untuk melepas pegas.
c.
Gunakan
pelindung wajah.
d.
Jepit
benda sehingga tidak dapat terpental.
Gambar Untuk Nomor 54
55. Susunan
gambar proyeksi manakah yang benar menurut proyeksi
sudut ketiga atau proyeksi Amerika:
a.
b.
c.
d.
56.
Dalam sebuah rangkaian,
jika resistor terhubung secara seri, maka:
a.
Semua
titik besar tegangannya sama.
b.
Semua
titik besar arusnya sama.
c.
Resistansi
total semakin kecil.
d.
Tegangan
total semakin besar.
57. Kopling
menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi melalui urutan penyaluran gaya
sebagai berikut:
a. Flywheel,
kanvas kopling, plat penekan, input shaft transmisi.
b. Flywheel,
plat penekan, kanvas kopling, input
shaft transmisi.
c. Flywheel,
kanvas kopling, input
shaft transmisi.
d. Flywheel,
kanvas kopling,
pegas diaprahma, input shaft transmisi.
58. Komponen
kopling yang menekan pegas diafragma sewaktu kopling diaktifkan/ditekan adalah:
a. Plat
penekan.
b. Pilot
bearing.
c. Release
fork.
d. Release
bearing.
59.
Komponen
transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gear adalah:
a.
Syncronizer
key.
b.
Sleeve
hub.
c.
Syncronizer
ring.
d.
Cluth
hub.
60.
Bagian
dari transmisi yang berfungsi menahan supaya gigi tidak kembali ke posisi
netral adalah:
a.
Location ball
and spring.
b.
Interlock ball
dan pin.
c.
Interlock
plate.
d.
Syncronizer
key.
61.
Mengukur
celah antara syncronizer ring dan
gear pasangannya dilakukan dengan menggunakan:
a.
Vernier
caliper.
b.
Feeler gauge.
c.
Boring gauge.
d.
Ring expander.
62. Pemeriksaan poros propeler seperti
ditunjukkan gambar berikut adalah untuk melihat:
a.
Keausan
b.
Kelenturan.
c.
Kependekan.
d. Kebengkokan.
Gambar Untuk Nomor 62
63. Pada diferensial terdapat roda gigi samping
(side gear), yang ditunjukkan dalam gambar adalah:
a.
Drive bevel gear.
b.
Drive bevel pinion.
c.
Differential gear.
d.
Differential pinion.
Gambar Untuk Nomor 63
64. Ada
berbagai macam komponen pada bagian differensial kendaraan bermotor, namun yang
bukan merupakan dari komponen differensial kendaraan bermotor tersebut adalah:
a.
Counter gear.
b.
Pinion gear.
c.
Ring gear.
d.
Side gear.
65.
Aplikasi hukum Pascal pada rem adalah:
a. Tekanan
minyak di silinder roda lebih besar karena letaknya lebih rendah.
b.
Luas penampang piston silinder roda dibuat
lebih besar dari piston master silinder.
c.
Luas penampang piston silinder roda dibuat
lebih kecil dari piston master silinder.
d.
Luas penampang piston silinder roda dibuat
sama dengan piston master silinder.
66.
Apabila
kevacuman
tidak diberikan pada boster, maka kondisi booster rem adalah:
a.
Pada variable pressure chamber tidak terisi
dengan udara atmosfir.
b.
Pada variable pressure chamber terisi
dengan udara vacum.
c.
Pada constan pressure chamber terisi
dengan udara atmosfir.
d. Pada
constan pressure chamber terisi dengan udara vacum.
67.
Tekanan hidrolik pada silinder depan dan
belakang master silinder adalah:
a. Tekanan
pada silinder depan lebih besar dari silinder belakang.
b. Tekanan
pada silinder depan lebih kecil dari silinder belakang.
c. Tekanan
pada silinder depan sama besar dengan silinder belakang.
d.
Jawaban di atas tidak ada yang benar.
68. Katup
P pada sistem rem dan roda dipasang diantara:
a. Master
rem dengan booster rem.
b. Silinder
roda depan dan silinder roda belakang.
c. Master
silinder dengan silinder roda depan.
d. Master
silinder dengan silinder roda belakang.
69.
Ukuran ban menunjukkan 185/70/R 15. Angka 70 menunjukkan dimensi:
a.
Tinggi penampang.
b.
Lebar penampang.
c.
Aspect ratio.
d.
Batas kecepatan.
70. Indikator keausan tapak ban (tanda ▲) ditampilkan bila alur tapak ban:
a.
Kurang dari 1 mm.
b.
Kurang
dari 1,6 mm.
c.
Kurang
dari 2 mm.
d.
Kurang
dari 1,5 mm.
71. Pada
sistem suspensi dikenal istilah Torsion Bar Spring yang berfungsi sebagai:
a.
Menahan gaya puntir.
b.
Menahan gaya tekan.
c.
Menyerap getaran agar tidak diteruskan ke
body kendaraan.
d.
Menyeimbangkan kendaraan pada saat
berbelok.
72. Ciri-ciri
dari shock absorber single action adalah :
a. Bila ditekan diperlukan tenaga yang kuat, bila ditarik
diperlukan tenaga yang ringan.
b. Bila ditekan maupun ditarik diperlukan tenaga yang
ringan.
c. Bila ditekan diperlukan tenaga yang ringan, bila ditarik
diperlukan tenaga yang kuat.
d. Bila ditekan maupun ditarik diperlukan tenaga yang berat.
73.
Yang bukan merupakan karakteristik dari
suspensi independen adalah:
a.
Ban hanya memberi sedikit kontak dengan
tanah.
b.
Roda kiri dan kanan bergerak naik dan
turun secara bebas.
c.
Ban
memiliki kontak yang baik dengan tanah.
d.
Kendaraan lebih stabil.
74.
Oversteer
terjadi ketika:
a. Radius
putar roda lebih besar dari radius putar kendaraan.
b. Radius
putar kendaraan lebih besar dari radius putar roda.
c. Radius
putar kendaraan sama dengan radius putar roda.
d. Semua
jawaban diatas salah.
75. Struktur
mekanisme kemudi tipe Rak Pinion terdiri dari:
a.
Roda kemudi, kolom dan poros, gear box,
pitman arm, tie rod, roda.
b.
Roda kemudi, kolom dan poros, gear box,
tie rod, roda.
c.
Roda kemudi, kolom dan poros, gear box,
tie rod, tie rod end, roda.
d.
Roda kemudi, kolom dan poros, gear box,
drag link, tie rod, roda.
76. Bagian
dari pompa power steering yang befungsi untuk menjaga agar tekanan minyak tidak
lebih dari 70 kg/cm2 adalah
a.
Reliefe valve.
b.
Control
valve.
c.
Selenoid
valve.
d.
By pass valve.
77. Komponen
power steering yang berfungsi untuk mengatur jalur minyak sesuai arah putaran
kemudi adalah:
a.
Bodi
valve.
b.
Relief valve.
c.
Control valve.
d.
Check
valve.
78. Sensor
utama untuk mengontrol sistem injeksi bahan bakar adalah:
a.
Sensor putaran mesin dan sensor jumlah
udara masuk.
b.
Sensor putaran mesin dan sensor temperatur
air pendingin.
c.
Sensor temperatur air pendingin dan sensor
posisi katup throttle.
d.
Sensor posisi katup throttle dan sensor
jumlah udara masuk.
79. Dalam
sistem injeksi bensin terdapat bermacam-macam komponen. Yang tidak termasuk
dalam komponen sistem tersebut adalah:
a.
Pressure regulator.
b.
Throttle
position.
c.
Cold start injector.
d.
Pipa pembagi.
80. Sistem
percepatan pada karburator berfungsi untuk:
a.
Mensuplai campuran bahan bakar ketika
mesin bekerja pada beban berat.
b.
Mensuplai bahan bakar pada saat mesin
membutuhkan tenaga yang besar dan kecepatan tinggi.
c.
Menyediakan campuran bahan bakar yang
tepat ketika throttle valve primer sudah terbuka lebar.
d.
Mensuplai
campuran bahan bakar pada saat throttle valve terbuka secara
tiba-tiba.
81. Sensor
yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan temperatur air pendingin dan
melaporkannya ke ECM dalam bentuk sinyal tegangan disebut dengan:
a. CMP.
b. IAT.
c. TPS.
d. WTS.
82. Signal
tegangan yang dihasilkan oleh CMP sensor tipe induktif adalah:
a. Digital.
b. Tegangan
A/C.
c. Tegangan
D/C.
d. Analog
to digital.
83. Komponen
pada sistem suplai bahan bakar EFI yang berfungsi untuk menjaga tekanan bahan
bakar berdasarkan kevakuman intake manifold adalah:
a.
Relief Valve.
b.
Fuel Delivery Pipe.
c.
Fuel Pressure Regulator.
d.
Fuel Pressure Dumper.
84. Fungsi
saluran by pass pada sistem injeksi bensin adalah:
a. Agar
bahan bakar masuk lebih banyak ke dalam silinder.
b. Agar
udara masuk lebih banyak ke dalam silinder.
c. Agar
udara dan bahan bakar dapat bercampur secara homogen.
d. Menggantikan
saluran bahan bakar utama bila macet.
85. Dalam
sistem bahan bakar Diesel, bagian yang digunakan untuk menghilangkan udara
palsu yang masuk ke dalam sirkuit aliran adalah:
a.
Injection pump.
b.
Priming pump.
c.
Fuel delivery line.
d.
Fuel return line.
86. Pada
sistim kelistrikan body pada umumnya arus dari batrey ke beban melewati:
a.
Switch, Fuse, Fusible Link, Beban.
b.
Switch, Fusible Link, Fuse, Beban.
c.
Fuse, Fusible Link, Switch, Beban.
d.
Fusible Link, Fuse, Switch, Beban.
87. Dalam
melepas baterey dari mobil, sebaiknya yang dilepas dulu adalah terminal:
a.
Terminal negatif.
b.
Terminal Positif.
c.
Terminal positif atau negatif sama saja.
d.
Semuanya benar.
88. Pada
kendaraan bermotor banyak terdapat fuse-fuse pada sistem kelistrikannya, apa
fungsi dari fuse-fuse tersebut:
a.
Sebagai
penghubung dan pemutus hubungan.
b.
Sebagai
isolator listrik.
c.
Sebagai pengaman kalau terjadi arus
pendek.
d.
Sebagai fariasi kelistrikan.
89.
Tegangan induksi pada kumparan sekunder
coil pengapian sebagai akibat dari:
a.
Adanya
resisitansi dalam kumparan primer
b.
Aliran
listrik yang mengalir masuk ke dalam kumparan primer
c.
Aliran
listrik yang terputus pada kumparan primer
d.
Adanya
resisitansi dalam kumparan sekunder
90. Penyebab
terlambatnya ignition timing adalah:
a.
Membrane vakum advancer bocor.
b.
Terjadi keausan pada poros nok.
c.
Celah pemutus arus terlalu besar.
d.
Terjadi keausan pada kontak pemutus.
91. Ukuran Tahanan Primer Coil pengapian model internal
resistant adalah:
a.
1,3 – 1,6 Ω.
b.
1,7 – 2,0 Ω.
c.
2,1 – 3,0 Ω.
d.
3,1 – 3,5 Ω.
92.
Fungsi hold in coil dalam magnetic switch motor stater adalah:
a.
Menahan
arus listrik agar tetap mengalir ketika sedang menstarter.
b.
Menahan pinion gear agar tetap terhubung dengan flywheel ketika sedang menstarter.
c.
Mempertahankan
putaran motor starter ahar tetap berputar ketika sedang menstarter.
d.
Menahan
brush agar tetap mengalirkan arus listrik ketika sedang menstarter.
93. Yang tidak termasuk dalam komponen utama sistem pengisian adalah:
a.
Alternator.
b.
Baterai.
c.
Regulator.
d.
Stabilisator.
94. Jika kumparan pada voltage regulator
terputus, maka yang akan terjadi pada sistem pengisian adalah:
a. Tidak
ada pengisian.
b. Pengisian
rendah.
c. Pengisian
normal.
d. Pengisian
berlebihan.
95. Rem ABS singkatan dari:
a.
Automatic brake sistem.
b.
Anti-slip brake
sistem.
c.
Anti-lock brake
sistem.
d.
Anti-rotating
brake sistem.
96. Jika kecepatan kendaraan 60 km/jam dan kecepatan roda 40 km/jam maka Rasio Slip adalah:
a. 0,3
b. 0,5
c. 1,6
d. 0,6
97. Salah satu sensor yang digunakan pada rem ABS adalah:
a.
Sensor kecepatan putaran mesin.
b.
Sensor kecepatan putaran roda.
c.
Sensor temperatur mesin.
d.
Sensor aliran masa udara masuk.
98. Transmisi otomatis (A/T) adalah jenis transmisi yang gear-gear dapat berpindah
secara otomatis sesuai dengan:
a.
Kondisi jalan.
b.
Keinginan
pengemudi.
c.
Kecepatan
kendaraan dan beban.
d.
Kecepatan mesin.
99. Yang bukan merupakan fungsi dari Torque converter
adalah:
a.
Sebagai pemindah daya.
b.
Sebagai pemindah gigi.
c.
Sebagai pengerak pompa oli A/T.
d.
Sebagai peredam getaran saat perpindahan
daya.
100. Sensor yang berfungsi mendeteksi arah putaran roda kemudi pada
Electrical Power Steering adalah:
a. Wheel
speed sensor.
b. Torque
Sensor.
c.
Engine speed sensor.
d. Vehicle
speed sensor.
Ingin mendapatkan kunci jawabannya ??
Hubungi admin :-)
di chariez.units19@gmail.com
Ingin mendapatkan kunci jawabannya ??
Hubungi admin :-)
di chariez.units19@gmail.com
makasih atas infonya
BalasHapusTrims.. moga bermanfaat
BalasHapusTerimakasih infonya
BalasHapusMantap soale om...
BalasHapusKuncine sekalian
BalasHapusBoleh minta file soal dan jawabannya mas?
BalasHapusMINTA KUNCI JAWABANNYA DONG
BalasHapus