Langsung ke konten utama

Susunan Tiap Komponen Bodi Jenis Integral Tanpa Rangka

Ada beberapa komponen yang menyusun bodi mobil tipe integral tanpa rangka.
Contoh mobil yang menggunakan jenis bodi integral tanpa rangka adalah Suzuki Swift
Berikut adalah penjelasannya

1. Bodi Depan


Di daerah bodi depan di mana komponen seperti transmisi, mesin dan suspensi dipasang, sambungannya dibuat menggunakan bahan yang kuat yang dapat menahan berbagai beban yang diterima dari komponen tersebut. Bahan penguat ditambahkan untuk memastikan kekuatan dan kekakuan. Selama tabrakan, penyerapan energi benturan dimaksimalkan dengan crossmember depan dan member sisi pinggir yang berbentuk seperti kotak panjang. Karena member sisi pinggir terhubung ke panel dashboard samping bawah, ke perpanjangan panel dashboard, ke member sisi lantai dan ke panel lantai, maka semuanya menyebarkan energi tabrakan dari depan ke bodi bagian bawah dan ke bodi bagian samping.

2. Bodi Samping

Bodi samping merupakan struktur rangka panel sisi dalam yang menghubungkan semua panel sisi dalam. Struktur ini membantu untuk menjaga kekuatan bodi selama tabrakan dari depan atau tabrakan dari samping. Area distribusi penguat diperpanjang dari daerah pilar depan atas ke sisi rel atap sisi dalam untuk mempertahankan kekakuan. Daerah pilar depan bawah terhubung ke tepi sisi depan yang kaku untuk membatasi gerakan ban depan ke belakang saat tabrakan dan mengurangi perubahan bentuk kabin. Pilar tengah memiliki struktur berlapis-lapis untuk mempertahankan kekakuan. Pilar tengah atas terhubung ke crossmember atap tengah melalui sisi atap rel dalam, dan daerah yang lebih rendah terhubung ke batas samping, untuk mengurangi perubahan bentuk kabin selama tabrakan lateral.




3. Bodi Bawah



Sebuah crossmember lantai terletak pada lantai utama di bawah kursi depan dan crossmember belakang terletak pada sambungan panel lantai belakang untuk mengurangi deformasi kabin selama tabrakan lateral. Member sisi lantai diperpanjang ke belakang untuk mengurangi getaran yang berasal dari sistem penggerak.
Di daerah sisi samping, kekuatan samping diperpanjang ke depan agar terhubung ke panel dasbor sisi bawah dan meningkatkan kekakuan bodi dan kinerja keselamatan.
Di lantai belakang, crossmember depan lantai belakang terletak pada sambungan dengan lantai utama. Member sisi lantai belakang terletak di bawah kursi belakang, dan
crossmember ketiga lantai belakang terletak di bawah tempat ban cadangan. Struktur ini mengurangi deformasi kabin di area kursi belakang saat tabrakan lateral. Juga, benturan selama tabrakan belakang diserap oleh member sisi lantai belakang. Sebuah braket pegas koil belakang digunakan bersama-sama dengan member sisi lantai belakang untuk meningkatkan ketebalan plat dan meningkatkan kekakuan.


Komentar

Artikel Yang Sering Dilihat

Contoh Soal Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  I.      PILIHAN GANDA 1.       Hand tools atau peralatan tangan adalah... a.        Semua peralatan yang terdapat pada bengkel otomotif, terutama bengkel sepeda motor b.    P eralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan dengan tenaga tangan atau manusia c.     Peralatan yang dipergunakan oleh mekanik sepeda motor dalam bekerja membongkar sepeda motor d.       Peralatan tambahan yang dipergunakan dalam bekerja menggunakan tangan pada bengkel otomotif e.        Peralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan menggunakan tenaga listrik atau angin 2.       Fungsi dari kunci pas ( open end wrench ) adalah... a.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur sesuai limit maksimum ukurannya b....

Membongkar Sistem Suspensi

        I.             Alat dan Bahan Alat : Kunci Pas 24 Kunci Pipa Kunci Sok 21 SST Pelepas Per      2. Bahan : Shock Absorber Keselamatan Kerja : Hati-hati dalam melepas per, karena mudah terpelanting   Langkah Kerja Kendorkan Mur 21 pada bagian ujung atas shock absorber Pasang SST Pelepas Per dan kencangkan dengan kunci pas 24 hingga per tidak mengembang Lepas Mur 21 yang sudah di kendorkan Lepas Support shock pada shock absorber  Lepas Per pada shock absorber Ganti Shock Absorber dan pasang kembali Per dan Support shock Pasang mur 21dan kencangkan menggunakan kunci shock Lepas SST Pelepas Per dan Selesai

Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP ( Crankshaft Position Sensor ) merupakan salah satu sensor utama dalam mesin PGM-FI. Kenapa? Karena sensor ini mendeteksi posisi dari crankshaft atau poros engkol yang selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Dari sinyal yang di kirimkan oleh CKP, ECM akan memprosesnya menjadi perintah kepada aktuator seperti pompa bahan bakar ( fuel pump ) dan injektor untuk menentukan penyemprotan bahan bakar pada intake manifold . Selai itu dalam hal pengapian, ECM akan mengirimkan sinyal ke IG Coil untuk menentukan waktu pengapian agar sesuai. Jika sensor CKP tidak bekerja dengan kondisi nyata pada mesin, maka bisa dipastikan bahwa mesin tidak akan bisa menyala karena ECM tidak bisa menentukan kapan penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Hal tersebut merujuk pada Jonali (2013) “Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi keberadaan poros engkol, dimana sensor ini akan selalu mengirimkan sinyal kepada ECM, kemudian ECM menentukan kapan waktu pengapian dan kapan waktu b...

Prosedur Pembongkaran Rem Cakram Mobil

A.       Persiapan Alat dan Bahan 1. Alat -    Dongkrak -    Penyangga (jack stand) -    Kunci roda -    Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm -    Track untuk mendorong Piston Rem 2. Bahan -    Unit Kendaraan             -    Kertas Amplas B.       Tujuan 1.       Untuk memahami prosedur pembongkaran dan pemasangan rem 2.       Memahami pemeriksaan sistem rem cakram dan bagian-bagian mana yang perlu diganti.       3.    Servis sistem rem C.       Keselamatan Kerja 1.       Menggunakan pakaian kerja 2.       Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya 3.       Tidak bekerja di bawah m...

Cara Pembongkaran Sistem Kemudi Jenis Rak dan Pinion (Rack and Pinion)

Sistem Rak dan Pinion (Rack and Pinion) 1.     Lepaskan terlebih dahulu sistem kemudi kendaraan dari rangka atau roda 2. Lepaskan juga tierod dari ujung rak 3. Lepaskan baut pengunci rumah pinion dari rumah rak Gambar 1. Rumah Pinion 4.  Cabut pinion dari rumah rak namun terlebih dahulu buka pengunci pinion, pukul secara perlahan pada batang pinion menggunakan palu plastik agar lebih mudah dalam pencabutan Gambar 2. Pinion 5.   Lepaskan pengunci / penahan rak pada salah satu ujung rak dengan menggunakan kunci inggris 6. Setelah terlepas cabut rak dari rumah rak secara perlahan Gambar 3. Batang Rak 7.  Perhatikan gigi pada rak serta gigi cacing pada pinion, usahakan masih tetap dalam keadaan baik dan tidak ada gigi yang patah Gambar 4. Gigi Rak 8.  Apabila semua komponen dalam keadaan baik, maka kembali rakit sistem kemudi pertama pasangkan rak kedalam rumah rak. Pastikan gigi rak menghadap ke arah yang...