Ada beberapa komponen yang menyusun bodi mobil tipe integral tanpa rangka.
Contoh mobil yang menggunakan jenis bodi integral tanpa rangka adalah Suzuki Swift
Berikut adalah penjelasannya
1. Bodi Depan
2. Bodi Samping
Contoh mobil yang menggunakan jenis bodi integral tanpa rangka adalah Suzuki Swift
Berikut adalah penjelasannya
1. Bodi Depan
Di
daerah bodi depan di mana komponen seperti transmisi, mesin dan suspensi
dipasang, sambungannya dibuat menggunakan bahan yang kuat yang dapat menahan
berbagai beban yang diterima dari komponen tersebut. Bahan penguat ditambahkan
untuk memastikan kekuatan dan kekakuan. Selama tabrakan, penyerapan energi
benturan dimaksimalkan dengan crossmember depan dan member sisi pinggir yang
berbentuk seperti kotak panjang. Karena member sisi pinggir terhubung ke panel dashboard samping bawah, ke perpanjangan
panel dashboard, ke member sisi lantai dan ke
panel lantai, maka semuanya menyebarkan energi tabrakan dari depan ke bodi
bagian bawah dan ke bodi bagian samping.
2. Bodi Samping
Bodi
samping merupakan struktur rangka panel sisi dalam yang menghubungkan semua
panel sisi dalam. Struktur ini membantu untuk menjaga kekuatan bodi selama
tabrakan dari depan atau tabrakan dari samping. Area distribusi penguat
diperpanjang dari daerah pilar depan atas ke sisi rel atap sisi dalam untuk mempertahankan
kekakuan.
Daerah pilar depan bawah terhubung ke tepi sisi depan yang kaku untuk
membatasi gerakan ban depan ke belakang saat tabrakan dan mengurangi
perubahan bentuk kabin.
Pilar tengah memiliki struktur berlapis-lapis untuk mempertahankan kekakuan. Pilar tengah atas terhubung ke
crossmember atap tengah melalui sisi atap rel dalam, dan daerah yang lebih
rendah terhubung ke batas samping, untuk mengurangi perubahan bentuk kabin selama tabrakan lateral.
3. Bodi Bawah
Sebuah
crossmember
lantai terletak pada lantai utama di bawah kursi depan dan crossmember
belakang terletak pada sambungan panel lantai belakang untuk mengurangi
deformasi kabin selama tabrakan lateral. Member sisi lantai diperpanjang ke
belakang untuk mengurangi getaran yang berasal dari sistem penggerak.
Di
daerah sisi samping, kekuatan samping diperpanjang ke depan agar terhubung ke
panel dasbor sisi bawah dan meningkatkan kekakuan bodi dan kinerja
keselamatan.
Di lantai belakang, crossmember depan lantai belakang terletak pada sambungan dengan lantai utama. Member sisi lantai belakang terletak di bawah kursi belakang, dan crossmember ketiga lantai belakang terletak di bawah tempat ban cadangan. Struktur ini mengurangi deformasi kabin di area kursi belakang saat tabrakan lateral. Juga, benturan selama tabrakan belakang diserap oleh member sisi lantai belakang. Sebuah braket pegas koil belakang digunakan bersama-sama dengan member sisi lantai belakang untuk meningkatkan ketebalan plat dan meningkatkan kekakuan.
Di lantai belakang, crossmember depan lantai belakang terletak pada sambungan dengan lantai utama. Member sisi lantai belakang terletak di bawah kursi belakang, dan crossmember ketiga lantai belakang terletak di bawah tempat ban cadangan. Struktur ini mengurangi deformasi kabin di area kursi belakang saat tabrakan lateral. Juga, benturan selama tabrakan belakang diserap oleh member sisi lantai belakang. Sebuah braket pegas koil belakang digunakan bersama-sama dengan member sisi lantai belakang untuk meningkatkan ketebalan plat dan meningkatkan kekakuan.
Komentar
Posting Komentar