Langsung ke konten utama

Jenis Bodi Mobil

Pengertian
Bodi (rangka) merupakan bentuk luar dari sebuah   kendaraan dan terdiri dari kombinasi lembaran logam.

Fungsi utama
  - Untuk memberi ruang bagi penumpang dan bagasi
  - Untuk mendukung komponen seperti mesin, transmisi, kemudi, dan      suspensi
  - Untuk melindungi kabin dengan menyerap dan menyebarkan
      benturan ketika terjadi tabrakan.

Sambungan
Las titik digunakan untuk menyambung lembaran logam    pembentuk bodi.  


Las titik merupakan metode pengelasan  lembaran logam yang disusun satu di atas yang lain dan dijepit oleh elektroda. Arus (7.000 -10.000) A diberikan ke elektroda selama 0,1 sampai 0,2 detik

A. Jenis Bodi
(1) bodi integral (monocok):
       a. bodi integral tanpa rangka
       b. bodi integral dengan rangka
(2) bodi parsial (terpisah)
 
1. Bodi Integral (Monocok)
a) Karakteristik Bodi Integral tanpa Rangka
Struktur
Bodi terpadu dengan rangka.
Lembaran baja tipis ditekan membentuk panel dengan   berbagai bentuk.
Sambungan
Kombinasi las menghasilkan bodi secara keseluruhan untuk kekuatan sebagai box tunggal.
Sifat
Kendaraan menjadi ringan dan ruang di dalam   kendaraan besar. Mesin, transmisi, dan kemudi serta   suspensi dipasang pada bodi integral.

b) Karakteristik Bodi Integral dengan Rangka
Struktur
Model bodi menggunakan sub rangka yang di baut di   depan dan bawah bodi mobil.
Sambungan
Kombinasi las menghasilkan bodi secara keseluruhan   untuk kekuatan sebagai box tunggal
Sifat
Kendaraan menjadi agak berat dan ruang di dalam   kendaraan tetap besar.

2. Bodi Parsial (Terpisah)
            Struktur
            Rangka dan bodi tersendiri tidak menyatu, antara rangka dan bodi terdapat sebuah joint (sambungan) tersendiri.
            Sambungan
            Bodi menggunakan las titik sedangkan pada rangka menggunakan las biasa antara bodi dan rangka terdapat sambungan dan terdapat peredam (seal) karet
            Sifat
            Kekuatan beban kendaraan lebih kuat dan mampu menahan tekanan yang besar namun beban kendaraan lebih berat


JENIS BODI INTEGRAL DENGAN RANGKA

JENIS BODI INTEGRAL TANPA RANGKA


JENIS BODI PARSIAL


Berikut adalah beberapa jenis mobil yang menggunakan rangka Integral dan Parsial


NO
MOBIL
JENIS CHASIS DAN BODI
PENGGERAK
1
Toyota Kijang Innova
Integral dengan Rangka Tambahan
Penggerak Belakang (FR)
2
Toyota Avanza
Integral
Penggerak depan (FF)
3
Daihatsu Taruna
Integral
Penggerak Belakang (FR)
4
Suzuki Swift
Integral
Penggerak Depan (FF)
5
Toyota Kijang Kapsul (Pick Up)
Parsial dengan Rangka Kotak Profil Kotak
Penggerak Belakang (FR)
6
Mitsubishi Colt 120 S (Pick Up)
Parsial dengan Rangka Kotak Profil Kotak
Penggerak Belakang (MR)
7
Suzuki Baleno
Integral
Penggerak Depan (FF)
8
Timor
Integral
Penggerak Depan (FF)
9
Suzuki Katana
Parsial dengan Rangka Tangga Profil U
Penggerak Belakang (FR)
10
Honda Jazz
Integral
Penggerak Depan (FF)
11
Suzuki Carry
Parsial dengan Rangka Kotak Profil U
Penggerak Belakang (MR)
12
Suzuki APV
Integral dengan Rangka Kotak Profil Kotak
Penggerak Belakang (MR)

FF : Front Engine Front Drive
FR : Front Engine Rear Drive
MR : Middle Engine Rear Drive

Komentar

Artikel Yang Sering Dilihat

Contoh Soal Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  I.      PILIHAN GANDA 1.       Hand tools atau peralatan tangan adalah... a.        Semua peralatan yang terdapat pada bengkel otomotif, terutama bengkel sepeda motor b.    P eralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan dengan tenaga tangan atau manusia c.     Peralatan yang dipergunakan oleh mekanik sepeda motor dalam bekerja membongkar sepeda motor d.       Peralatan tambahan yang dipergunakan dalam bekerja menggunakan tangan pada bengkel otomotif e.        Peralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan menggunakan tenaga listrik atau angin 2.       Fungsi dari kunci pas ( open end wrench ) adalah... a.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur sesuai limit maksimum ukurannya b....

Membongkar Sistem Suspensi

        I.             Alat dan Bahan Alat : Kunci Pas 24 Kunci Pipa Kunci Sok 21 SST Pelepas Per      2. Bahan : Shock Absorber Keselamatan Kerja : Hati-hati dalam melepas per, karena mudah terpelanting   Langkah Kerja Kendorkan Mur 21 pada bagian ujung atas shock absorber Pasang SST Pelepas Per dan kencangkan dengan kunci pas 24 hingga per tidak mengembang Lepas Mur 21 yang sudah di kendorkan Lepas Support shock pada shock absorber  Lepas Per pada shock absorber Ganti Shock Absorber dan pasang kembali Per dan Support shock Pasang mur 21dan kencangkan menggunakan kunci shock Lepas SST Pelepas Per dan Selesai

Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP ( Crankshaft Position Sensor ) merupakan salah satu sensor utama dalam mesin PGM-FI. Kenapa? Karena sensor ini mendeteksi posisi dari crankshaft atau poros engkol yang selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Dari sinyal yang di kirimkan oleh CKP, ECM akan memprosesnya menjadi perintah kepada aktuator seperti pompa bahan bakar ( fuel pump ) dan injektor untuk menentukan penyemprotan bahan bakar pada intake manifold . Selai itu dalam hal pengapian, ECM akan mengirimkan sinyal ke IG Coil untuk menentukan waktu pengapian agar sesuai. Jika sensor CKP tidak bekerja dengan kondisi nyata pada mesin, maka bisa dipastikan bahwa mesin tidak akan bisa menyala karena ECM tidak bisa menentukan kapan penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Hal tersebut merujuk pada Jonali (2013) “Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi keberadaan poros engkol, dimana sensor ini akan selalu mengirimkan sinyal kepada ECM, kemudian ECM menentukan kapan waktu pengapian dan kapan waktu b...

Prosedur Pembongkaran Rem Cakram Mobil

A.       Persiapan Alat dan Bahan 1. Alat -    Dongkrak -    Penyangga (jack stand) -    Kunci roda -    Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm -    Track untuk mendorong Piston Rem 2. Bahan -    Unit Kendaraan             -    Kertas Amplas B.       Tujuan 1.       Untuk memahami prosedur pembongkaran dan pemasangan rem 2.       Memahami pemeriksaan sistem rem cakram dan bagian-bagian mana yang perlu diganti.       3.    Servis sistem rem C.       Keselamatan Kerja 1.       Menggunakan pakaian kerja 2.       Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya 3.       Tidak bekerja di bawah m...

Cara Pembongkaran Sistem Kemudi Jenis Rak dan Pinion (Rack and Pinion)

Sistem Rak dan Pinion (Rack and Pinion) 1.     Lepaskan terlebih dahulu sistem kemudi kendaraan dari rangka atau roda 2. Lepaskan juga tierod dari ujung rak 3. Lepaskan baut pengunci rumah pinion dari rumah rak Gambar 1. Rumah Pinion 4.  Cabut pinion dari rumah rak namun terlebih dahulu buka pengunci pinion, pukul secara perlahan pada batang pinion menggunakan palu plastik agar lebih mudah dalam pencabutan Gambar 2. Pinion 5.   Lepaskan pengunci / penahan rak pada salah satu ujung rak dengan menggunakan kunci inggris 6. Setelah terlepas cabut rak dari rumah rak secara perlahan Gambar 3. Batang Rak 7.  Perhatikan gigi pada rak serta gigi cacing pada pinion, usahakan masih tetap dalam keadaan baik dan tidak ada gigi yang patah Gambar 4. Gigi Rak 8.  Apabila semua komponen dalam keadaan baik, maka kembali rakit sistem kemudi pertama pasangkan rak kedalam rumah rak. Pastikan gigi rak menghadap ke arah yang...