Pengertian
Bodi
(rangka) merupakan bentuk luar dari sebuah kendaraan
dan terdiri dari kombinasi lembaran logam.
Fungsi utama
-
Untuk memberi ruang bagi penumpang dan bagasi
-
Untuk mendukung komponen seperti mesin, transmisi, kemudi, dan suspensi
- Untuk
melindungi kabin dengan menyerap dan menyebarkan
benturan
ketika terjadi
tabrakan.
Sambungan
Las
titik digunakan untuk menyambung lembaran
logam pembentuk
bodi.
Las
titik merupakan metode pengelasan lembaran
logam yang disusun satu di atas yang lain dan dijepit
oleh elektroda. Arus (7.000
-10.000)
A
diberikan ke elektroda selama 0,1
sampai 0,2 detik
A. Jenis Bodi
(1) bodi
integral (monocok):
a. bodi
integral tanpa rangka
b. bodi
integral dengan rangka
(2) bodi parsial (terpisah)
1. Bodi
Integral (Monocok)
a) Karakteristik Bodi Integral
tanpa Rangka
Struktur
Bodi terpadu dengan rangka.
Lembaran baja tipis ditekan
membentuk panel dengan berbagai
bentuk.
Sambungan
Kombinasi las menghasilkan bodi
secara keseluruhan untuk kekuatan
sebagai box tunggal.
Sifat
Kendaraan
menjadi ringan
dan ruang di dalam kendaraan
besar. Mesin,
transmisi, dan kemudi serta suspensi
dipasang pada bodi
integral.
b) Karakteristik
Bodi Integral
dengan Rangka
Struktur
Model bodi menggunakan
sub rangka yang di baut di depan
dan bawah bodi mobil.
Sambungan
Kombinasi las menghasilkan bodi
secara keseluruhan untuk kekuatan
sebagai box tunggal
Sifat
Kendaraan
menjadi agak berat dan ruang di dalam kendaraan tetap
besar.
2. Bodi Parsial (Terpisah)
Struktur
Rangka dan bodi tersendiri tidak menyatu, antara rangka dan bodi terdapat sebuah joint (sambungan) tersendiri.
Sambungan
Bodi menggunakan las titik sedangkan pada rangka menggunakan las biasa antara bodi dan rangka terdapat sambungan dan terdapat peredam (seal) karet
Sifat
Kekuatan beban kendaraan lebih kuat dan mampu menahan tekanan yang besar namun beban kendaraan lebih berat
JENIS BODI INTEGRAL DENGAN RANGKA
JENIS BODI INTEGRAL TANPA RANGKA
JENIS BODI PARSIAL
Berikut adalah beberapa jenis mobil yang menggunakan rangka Integral dan Parsial
NO
|
MOBIL
|
JENIS CHASIS DAN BODI
|
PENGGERAK
|
1
|
Toyota Kijang Innova
|
Integral dengan Rangka Tambahan
|
Penggerak Belakang (FR)
|
2
|
Toyota Avanza
|
Integral
|
Penggerak depan (FF)
|
3
|
Daihatsu Taruna
|
Integral
|
Penggerak Belakang (FR)
|
4
|
Suzuki Swift
|
Integral
|
Penggerak Depan (FF)
|
5
|
Toyota Kijang Kapsul (Pick Up)
|
Parsial dengan Rangka Kotak Profil Kotak
|
Penggerak Belakang (FR)
|
6
|
Mitsubishi Colt 120 S (Pick Up)
|
Parsial dengan Rangka Kotak Profil Kotak
|
Penggerak Belakang (MR)
|
7
|
Suzuki Baleno
|
Integral
|
Penggerak Depan (FF)
|
8
|
Timor
|
Integral
|
Penggerak Depan (FF)
|
9
|
Suzuki Katana
|
Parsial dengan Rangka Tangga Profil U
|
Penggerak Belakang (FR)
|
10
|
Honda Jazz
|
Integral
|
Penggerak Depan (FF)
|
11
|
Suzuki Carry
|
Parsial dengan Rangka Kotak Profil U
|
Penggerak Belakang (MR)
|
12
|
Suzuki APV
|
Integral dengan Rangka Kotak Profil Kotak
|
Penggerak Belakang (MR)
|
FF : Front Engine Front Drive
FR : Front Engine Rear Drive
MR : Middle Engine Rear Drive
Komentar
Posting Komentar