Mobil yang menggunakan bodi jenis parsial yang dilengkapi dengan rangka pada umumnya adalah mobil-mobil untuk fungsi beban seperti pick up, truck dll. tidak hanya itu kendaraan off road juga rata-rata menggunakan bodi jenis parsial karena bodi jenis ini lebih kuat dan tahan terhadap tekanan yang besar. salah satu mobil off road yang menggunakan bodi parsial adalah Suzuki Jimny
Adapun karakteristik dari bodi jenis Parsial ini adalah sebagai berikut
Adapun karakteristik dari bodi jenis Parsial ini adalah sebagai berikut
Pada jenis bodi dengan rangka, bodi dan rangka merupakan struktur independen, sehingga getaran dan suara dari permukaan jalan menjadi agak sulit untuk terus ke bodi. Komponen kendaraan, seperti suspensi, mesin dan rem, dipasang ke rangka. Bodi dipasang pada rangka menggunakan bushing karet. Ini berarti bahwa rangka harus memiliki kekakuan dan kekuatan yang dapat menahan beban dari mesin dan suspensi saat mengemudi. Oleh karena itu, rangka dibentuk berpenampang bentuk C atau penampang bentuk kotak dengan sistim pres atau las, atau penampang berbentuk pipa dilas bersama-sama untuk memastikan kekuatan.
2. Bodi Utama (Tengah)
3. Rangka
Tingkat
keselamatan ditingkatkan karena sebagian besar energi diserap oleh rangka
selama tabrakan. Namun, karena dua unsur yang digunakan yaitu bodi dan rangka,
maka ada kelemahan seperti berat bodi meningkat dan membuat kendaraan lebih
tinggi.
BODI DAN RANGKA JENIS PARSIAL PADA MOBIL SUZUKI JIMNY
STRUKTUR SETIAP KOMPONEN
1. Bagian Depan
Bodi
depan dibentuk dari komponen seperti member depan, panel tempat roda depan, dan
member samping bodi depan. Di member depan, member atas dan member pendukung lampu digabung bersama dengan cara
di las. Member samping bodi depan diposisikan pada area atas dan area tepi
belakangnya fender depan untuk meningkatkan kekuatan dan kekakuan. Pada saat
yang sama, member samping bodi depan bersama-sama dengan panel tempat roda
depan berfungsi untuk mengurangi getaran dan kebisingan yang diteruskan ke
kabin, dan untuk mencegah kerusakan pada mesin, suspensi dan sistem lain dari
benturan samping.
BODI BAGIAN DEPAN
2. Bodi Utama (Tengah)
Bodi
utama terbentuk dari ruang kabin dan ruang bagasi yang utamanya terdiri dari
panel dasbor, bodi bawah dan atap. Struktur hampir sama dengan bodi monocok.
Panel dasbor tersambung ke panel pilar depan bawah kiri dan kanan dan panel
lantai utama, untuk meningkatkan kekakuan bodi utama bagian depan. Untuk bodi
bagian bawah, terdapat sebuah tunnel di
tengah panel lantai utama. Bersama dengan pintu, bodi samping dan rel sisi
atap, bodi bawah mencegah deformasi kabin selama tabrakan dari samping.
BODI UTAMA
Rangka terdiri dari rangka depan
dan rangka belakang yang terbuat dari pipa persegi panjang, dimana rangka
tengah dibentuk dengan di press. Ketika terjadi tabrakan depan, daerah bengkok
(bent
area) dan rangka samping depan
mengalami perubahan bentuk untuk menyerap sejumlah energi yang besar. Kekakuan
terhadap bengkok dan puntir ditingkatkan oleh bodi utama dan crossmembers yang
terhubung ke rangka sebelah kiri dan kanan.
RANGKA
4. Mounting Bodi
Pada
tipe bodi dengan rangka, rangka dan bodi disambung oleh bushing karet. bushing
ini mempertahankan posisi yang benar antara rangka dan bodi. Bushing karet juga
berguna untuk memblokir getaran dengan frekuensi getaran yang relatif tinggi.
Dengan posisi bushing ini dapat mengurangi getaran rangka, bahkan getaran
dengan frekuensi yang rendah. Dengan memblokir getaran yang diteruskan dari
sistem penggerak dan sistem suspensi ke bodi melalui rangka maka kendaraan
dapat dibuat lebih nyaman.
MOUNTING BODI
Komentar
Posting Komentar