Langsung ke konten utama

Contoh Soal Otomotif Tingkat Kesukaran C3 dan C4

Kompetensi Dasar

Indikator

Motor Bensin
Mampu menjelaskan komponen, sistem-sistem, dan konstruksi motor bensin baik 2TAKT atau 4TAKT

MULTIPLE CHOICE

Indikator : Mampu menjelaskan alasan dalam penerapan motor bensin 2 TAKT

1. Di lapangan jarang ditemukan motor 2 TAKT yang memiliki ukuran besar seperti halnya motor 4TAKT. kenapa motor 2TAKT tidak ada yang berukuran besar ??
A.    Ukuran piston motor 2 TAKT tidak bisa dibesarkan
B.     Tenaga atau daya dengan ukuran motor tidak seimbang
C.     Pada ukuran besar motor 2 TAKT lebih boros bensin
D.    Tenaga yang dihasilkan akan sangat besar dan berbahaya
E.     Pada ukuran besar akan menghasilkan asap lebih banyak

Indikator : Bisa mendiagnosa permasalahan pada motor bensin 2 TAKT

2. Pada motor 2 TAKT terdapat dua sistem pelumasan yaitu sistem pelumasan motor dan sistem pelumasan samping. Apa yang akan terjadi apabila sistem pelumasan samping habis namun sistem pelumasan mesin masih ada ??
A.    Motor tetap bekerja dan asap pembuangan lebih sedikit
B.     Gearbox atau transmisi akan mengalami kerusakan
C.     Motor tetap bekerja namun perfonma akan turun
D.    Piston akan berhenti bekerja karena overheat
E.     Gigi-gigi pada gearbox akan mengalami overheat

Indikator : Mampu mendiagnosa efek dari penyetelan katup yang kurang sempurna

3. Apabila sistem katup pada motor bensin 4 TAKT tidak bisa menutup dengan sempurna, kemungkinan apa yang akan terjadi saat melakukan penyalaan motor ??
A.    Motor menyala namun akan kelebihan udara yang masuk
B.     Motor tidak menyala karena piston tidak bisa berkompresi
C.     Motor menyala dan bisa berjalan dengan normal
D.    Motor tetap menyala namun tenaga yang dikeluarkan kecil
E.     Motor tidak menyala karena terlalu banyak udara yang masuk

Indikator : Mampu mengetahui efek dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai

4. Dampak dari penggunaan bahan bakar yang memiliki bilangan oktan lebih rendah dari standar bilangan oktan bahan bakar yang telah ditentukan pada masing-masing motor, kecuali...
A.    Busi pengapian akan lebih cepat kotor atau rusak
B.     Tenaga motor yang di hasilkan akan lebih kecil
C.     Putaran motor akan sangat kasar
D.    Perfonma motor akan turun
E.     Sistem pemasukan bahan bakar lebih cepat kotor

Indikator : Mampu menjelaskan tahap penggantian pelumas sesuai prosedur

5. Pada saat penggantian sistem pelumasan di motor mobil 4 TAKT sebelum dipasang filter oli terlebih dahulu harus di isi oli, kenapa hal tersebut harus dilakukan ??
A.    Agar tidak terjadi pengeringan filter oli saat akan dipasang
B.     Agar oli yang masuk di filter oli bisa langsung tersaring
C.     Agar pada saat penyalaan motor sistem pelumasan terfilter terlebih dahulu
D.    Agar pelumasan langsung bekerja tanpa harus mengisi filter oli dahulu
E.     Agar oli yang akan digunakan dalam pelumasan lebih bersih

ESSAY

1. Dalam motor bakar, ada dua macam bahan bakar minyak yang digunakan yaitu bensin dan solar. Apabila dalam penggunaannya motor bakar berbahan bakar bensin diberi bahan bakar solar, kemungkinan-kemungkinan apa yang bisa terjadi pada mesin bensin ??

2. Pada pemasukan campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar perbandingan antara udara dan bahan bakar haruslah sesuai. Apabila campuran udara dan bahan bakar tadi lebih banyak udara maka yang akan terjadi pada proses pembakaran adalah ??

3. Pada semua motor berkapasitas besar pasti memiliki jumlah silinder yang lebih dari satu. Kenapa hal tersebut dilakukan ?? Apa tujuan di buatnya motor dengan silinder lebih dari satu terbut ??

4. Pada motor bakar bensin bersilinder lebih dari satu, dikenal istilah FO atau Firing Order, pada motor bersilinder 4, 6 dan seterusnya. Bagaimana penerapan FO pada motor bersilinder 6 ?? seperti apa bentuk crankshaft atau crankpinnya ??

5. 
Di atas adalah gambar sebuah Crankshaft atau Crankpin pada motor bersilinder 4. Kenapa bentuk dari Crankshaft atau Crankpin di atas di buat seperti itu ?? Apa tujuandari penerapan bentuk tersebut ??

Komentar

Artikel Yang Sering Dilihat

Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP ( Crankshaft Position Sensor ) merupakan salah satu sensor utama dalam mesin PGM-FI. Kenapa? Karena sensor ini mendeteksi posisi dari crankshaft atau poros engkol yang selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Dari sinyal yang di kirimkan oleh CKP, ECM akan memprosesnya menjadi perintah kepada aktuator seperti pompa bahan bakar ( fuel pump ) dan injektor untuk menentukan penyemprotan bahan bakar pada intake manifold . Selai itu dalam hal pengapian, ECM akan mengirimkan sinyal ke IG Coil untuk menentukan waktu pengapian agar sesuai. Jika sensor CKP tidak bekerja dengan kondisi nyata pada mesin, maka bisa dipastikan bahwa mesin tidak akan bisa menyala karena ECM tidak bisa menentukan kapan penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Hal tersebut merujuk pada Jonali (2013) “Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi keberadaan poros engkol, dimana sensor ini akan selalu mengirimkan sinyal kepada ECM, kemudian ECM menentukan kapan waktu pengapian dan kapan waktu b...

Contoh Soal Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  I.      PILIHAN GANDA 1.       Hand tools atau peralatan tangan adalah... a.        Semua peralatan yang terdapat pada bengkel otomotif, terutama bengkel sepeda motor b.    P eralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan dengan tenaga tangan atau manusia c.     Peralatan yang dipergunakan oleh mekanik sepeda motor dalam bekerja membongkar sepeda motor d.       Peralatan tambahan yang dipergunakan dalam bekerja menggunakan tangan pada bengkel otomotif e.        Peralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan menggunakan tenaga listrik atau angin 2.       Fungsi dari kunci pas ( open end wrench ) adalah... a.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur sesuai limit maksimum ukurannya b....

Sistem Pengisian (Charging) Pada Sepeda Motor

Sistem-sistem kelistrikan pada sepeda motor seperti stater, lampu-lampu penerangan, lampu tanda belok, tanda isyarat, system pengapian, dan beberapa system yang lain membutuhkan arus DC sebagai sumber arus. Arus DC ini diambil dari Batteray / accu. Lama kelamaan arus batteray akan habis jika digunakan terus menerus, maka dibutuhkan suatu system yang berfungsi untuk mengisi / menggantikan arus listrik batteray yang telah digunakan tadi. Konsep Pengisian pada Sepeda Motor 1.  Komponen Komponen Sistem Pengisian Sistem Pengisian memiliki beberapa komponen utama, antara lain : 1. Generator AC 2. Regulator rectifier 3. Baterai GENERATOR AC Generator AC berfungsi untuk membangkitkan arus listrik bolak balik (AC). Komponen Sistem Pengapian dan Sistem Pengisian Keterangan : 1.     Komponen komponen generator AC 2.     Flywheel rotor (magnet tetap) 3.     Komponen komponen stator 4.     Stator pl...

Dapur Pengolah Besi dan Baja

DAPUR TINGGI Gambar Dapur Tinggi Pengertian Dapur tinggi merupakan tanur metalurgi digunakan untuk peleburan untuk memproduksi industri logam. Bijih besi yang di olah dalam dapur tinggi berupa pyrite (FeS 2 ), magnetite (Fe 3 O 4 ), serta hematite (Fe 2 O 3 ) . Konstruksi Dapur tinggi mempunyai bentuk dua buah kerucut yang berdiri menjadi satu di atas yang lain pada alasnya. Seluruh dinding dari dapur tinggi terbuat dari batu tahan api yang dilapisi baja khusus untuk lebih memperkuat konstruksinya selain itu pada dapur tinggi juga terdapat tiang-tiang penyanggah untuk menahan konstruksi dinding batu tahan api dan baja. Pada dapur tinggi juga dilengkapi dengan pesawat cowper yang berfungsi untuk meniupkan udara panas pada dapur tinggi. Proses Kerja Pada dasarnya proses kerja dapur tinggi bisa disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu : 1.       Proses pemasukan bahan-bahan yang akan diolah 2.       Proses reduksi...

Sistem Kelistrikan Bodi Pada Sepeda Motor

Sistem kelistrikan bodi dalam hal ini meliputi sistem lampu penerangan, sistem klakson, sistem pengukur bahan bakar dan sistem lampu tanda belok. Dalam hal ini sumber listrik dari lampu penerangan (lampu kepala) di dapatkan dari generator AC, sedangkan untuk klakson, sistem pengukur bahan bakar dan sistem lampu tanda belok di dapatkan dari baterai sebagai sumber arus listriknya. Sistem kelistrikan bodi merupakan sistem tambahan yang tidak mempengaruhi kerja dari mesin sepeda motor itu sendiri, sistem ini bekerja untuk menambah sisi kenyamanan, keamanan dan penerangan dari pengendara sepeda motor. Selain itu sistem ini juga meliputi sistem aksesoris lain yang ditambahkan di luar aksesoris pabrik yang sudah terinstal di sepeda motor. Wiring Diagram Sistem Kelistrikan Bodi