Langsung ke konten utama

Contoh Kurikulum Kejuruan (Kurikulum Pelatihan Pengelasan)

PELATIHAN PENGELASAN OAW (OXY ACYTELENE WELDING)


1. Tujuan
Pelatihan ini diadakan guna memberikan pembekalan dan pelatihan bagi para peserta pelatihan khususnya bagi para pemuda atau lulusan sekolah kejuruan teknik mesin ataupun yang lainnya yang membutuhkan keterampilan tambahan dalam mencari atau membuka lapangan pekerjaan baru.


2. Sasaran
Pelatihan pengelasan OAW ini diberikan kepada seluruh peserta yang mampu dalam melakukan pengelasan hingga bisa menguasai teknik pengelasan secara profesional.


3. Materi
Dalam pelatihan ini akan diajarkan tentang cara-cara dalam pengelasan OAW, baik mengenai cara penggunaan, teknik-teknik pengelasan, cara yang benar dalam pengelasan dan sesuai standar pengelasan yang telah ditetapkan.
Adapun materi yang akan dibahas pada pelatihan ini, sebagai berikut:
1.      Pengenalan pengelasan
2.      Cara penyalaan dan mematikan
3.      Pengelasan dasar
4.      Teknik-teknik pengelasan
5.      Sistem pengelasan horizontal
6.      Sistem pengelasan vertikal
7.      Sistem pengelasan dengan bahan tambah
8.      Sistem pengelasan over head
9.      Sistem pengelasan sambungan
10.  Pengelasan dengan bahan tambah logam kuningan
11.  Pemberian motivasi


4. Jadwal

Hari, Tanggal
Jam
Materi
Kegiatan
Tempat
Keterangan
Senin, 18-11-13
08.00 – 12.00
Menyampaikan pengertian pengelasan, standar pengelasan, alat-alat yang digunakan dalam pengelasan OAW, jenis-jenis api dalam pengelasan
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori

 Selasa, 19-11-13
08.00 – 09.30
Menjelaskan cara-cara menyalakan dan mematikan las
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Rabu, 20-11-13
08.00 – 09.30
Menjelaskan teknik-teknik dasar dalam pengelasan
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-1200
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Kamis, 21-11-13
08.00 – 09.30
Penjelasan sistem pengelasan horizontal
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Jumat, 22-11-13
08.00 – 09.30
Penjelasan sistem pengelasan vertikal
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Senin, 25-11-13
08.00 – 09.30
Penjelasan sistem pengelasan dengan bahan tambah
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Selasa, 26-11-13
08.00 – 09.30
Penjelasan sistem pengelasan over head
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Rabu, 27-11-13
08.00 – 09.30
Penjelasan sistem pengelasan sambungan
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Kamis, 28-11-13
08.00 – 09.30
Penjelasan pengelasan dengan bahan tambah logam kuningan
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori


09.30-12.00
Melakukan praktek dari teori
Praktek
Ruang kerja

Jumat, 29-11-13
08.00 – 12.00
Pemberian materi
Presentasi Instruktur dan Diskusi
Ruang pelatihan teori

Senin, 02-12-13
08.00- 12.00
Praktek Optimalisasi Materi
Praktek
Ruang Kerja

Selasa, 03-12-13
08.00- 12.00
Praktek Optimalisasi Materi
Praktek
Ruang Kerja

Rabu, 04-12-13
08.00- 12.00
Praktek Optimalisasi Materi
Praktek
Ruang Kerja

Kamis, 05-12-13
08.00- 12.00
Praktek Optimalisasi Materi
Praktek
Ruang Kerja

Jumat, 06-12-13
08.00- 12.00
Praktek Optimalisasi Materi
Praktek
Ruang Kerja

Senin, 09-12-13
08.00-12.00
Tes
Praktek
Ruang Kerja

Selasa, 10-12-13
08.00-12.00
Tes
Praktek
Ruang Kerja

* Hari sabtu dan minggu libur.
5. Biaya
Untuk mengikuti “Pelatihan Pengelasan OAW” yang akan dilakukan tersebut dalam satu periodenya terdiri dari max 15 orang. Untuk mengikuti pelatihan ini masing-masing peserta akan dikenakan biaya pelatihan sebesar Rp 1.500.000,-  yang dibayarkan saat melakukan pendaftaran.
6. Fasilitas
            Beberapa fasilitas yang akan digunakan atau yang tersedia untuk peserta dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut :
1Peralatan pengelasan untuk masing-masing peserta pelatihan
2Bilik kerja untuk masing-masing peserta pelatihan
3Alat-alat tambahan untuk masing-masing peserta
4Ruang pembelajaran teori
5Musholla
6Toilet
    Ruang ganti
  Modul
9Sertifikat Kelulusan berstandart ISO
1Seragam kerja
1Pelatihan dari instruktur terpercaya, berpengalaman dan bersertifikat
.  Bimbingan keahlian sampai menjadi bisa dan profesional

7. Peralatan yang dibutuhkan
            Beberapa peralatan dan pengadaan fasilitas yang akan digunakan dalam pelatihan pengelasan OAW ini di antaranya adalah :
1.      Satu set peralatan pengelasan yang terdiri dari 1 tabung oksigen, 1 tabung acytelene, selang biru merah (selang gas), brander, 2 buah regulator gas dan pemantik api (X17 set)
2.      Alat pelindung diri berupa Apron kulit, kaca mata anti radiasi, dan sarung tangan (X17 set)
3.      Ruang kerja pengelasan dengan bilik berjumlah 17 dengan ukuran masing-masing bilik 1meter x 1meter dan ukuran ruangannya -+ 40meter x 20meter
4.      Ruang teori berukuran 9meter x 4meter dilengkapi dengan kursi sebanyak 17 buah dan 3 buah meja.



Oleh :
Ana Sri Zunifa Sari 120513404286
Muhammad Charis 120513404280

Komentar

Artikel Yang Sering Dilihat

Contoh Soal Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  I.      PILIHAN GANDA 1.       Hand tools atau peralatan tangan adalah... a.        Semua peralatan yang terdapat pada bengkel otomotif, terutama bengkel sepeda motor b.    P eralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan dengan tenaga tangan atau manusia c.     Peralatan yang dipergunakan oleh mekanik sepeda motor dalam bekerja membongkar sepeda motor d.       Peralatan tambahan yang dipergunakan dalam bekerja menggunakan tangan pada bengkel otomotif e.        Peralatan bantu pada bengkel otomotif yang digerakkan menggunakan tenaga listrik atau angin 2.       Fungsi dari kunci pas ( open end wrench ) adalah... a.        Untuk mengendori atau mengenca ng i baut/mur sesuai limit maksimum ukurannya b....

Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP ( Crankshaft Position Sensor ) merupakan salah satu sensor utama dalam mesin PGM-FI. Kenapa? Karena sensor ini mendeteksi posisi dari crankshaft atau poros engkol yang selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Dari sinyal yang di kirimkan oleh CKP, ECM akan memprosesnya menjadi perintah kepada aktuator seperti pompa bahan bakar ( fuel pump ) dan injektor untuk menentukan penyemprotan bahan bakar pada intake manifold . Selai itu dalam hal pengapian, ECM akan mengirimkan sinyal ke IG Coil untuk menentukan waktu pengapian agar sesuai. Jika sensor CKP tidak bekerja dengan kondisi nyata pada mesin, maka bisa dipastikan bahwa mesin tidak akan bisa menyala karena ECM tidak bisa menentukan kapan penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian. Hal tersebut merujuk pada Jonali (2013) “Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi keberadaan poros engkol, dimana sensor ini akan selalu mengirimkan sinyal kepada ECM, kemudian ECM menentukan kapan waktu pengapian dan kapan waktu b...

Membongkar Sistem Suspensi

        I.             Alat dan Bahan Alat : Kunci Pas 24 Kunci Pipa Kunci Sok 21 SST Pelepas Per      2. Bahan : Shock Absorber Keselamatan Kerja : Hati-hati dalam melepas per, karena mudah terpelanting   Langkah Kerja Kendorkan Mur 21 pada bagian ujung atas shock absorber Pasang SST Pelepas Per dan kencangkan dengan kunci pas 24 hingga per tidak mengembang Lepas Mur 21 yang sudah di kendorkan Lepas Support shock pada shock absorber  Lepas Per pada shock absorber Ganti Shock Absorber dan pasang kembali Per dan Support shock Pasang mur 21dan kencangkan menggunakan kunci shock Lepas SST Pelepas Per dan Selesai

Prosedur Pembongkaran Rem Cakram Mobil

A.       Persiapan Alat dan Bahan 1. Alat -    Dongkrak -    Penyangga (jack stand) -    Kunci roda -    Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm -    Track untuk mendorong Piston Rem 2. Bahan -    Unit Kendaraan             -    Kertas Amplas B.       Tujuan 1.       Untuk memahami prosedur pembongkaran dan pemasangan rem 2.       Memahami pemeriksaan sistem rem cakram dan bagian-bagian mana yang perlu diganti.       3.    Servis sistem rem C.       Keselamatan Kerja 1.       Menggunakan pakaian kerja 2.       Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya 3.       Tidak bekerja di bawah m...

Cara Pembongkaran Sistem Kemudi Jenis Rak dan Pinion (Rack and Pinion)

Sistem Rak dan Pinion (Rack and Pinion) 1.     Lepaskan terlebih dahulu sistem kemudi kendaraan dari rangka atau roda 2. Lepaskan juga tierod dari ujung rak 3. Lepaskan baut pengunci rumah pinion dari rumah rak Gambar 1. Rumah Pinion 4.  Cabut pinion dari rumah rak namun terlebih dahulu buka pengunci pinion, pukul secara perlahan pada batang pinion menggunakan palu plastik agar lebih mudah dalam pencabutan Gambar 2. Pinion 5.   Lepaskan pengunci / penahan rak pada salah satu ujung rak dengan menggunakan kunci inggris 6. Setelah terlepas cabut rak dari rumah rak secara perlahan Gambar 3. Batang Rak 7.  Perhatikan gigi pada rak serta gigi cacing pada pinion, usahakan masih tetap dalam keadaan baik dan tidak ada gigi yang patah Gambar 4. Gigi Rak 8.  Apabila semua komponen dalam keadaan baik, maka kembali rakit sistem kemudi pertama pasangkan rak kedalam rumah rak. Pastikan gigi rak menghadap ke arah yang...